Baju Adat Jokowi dan Ibu Iriana saat Upacara HUT RI Tahun ke Tahun

Mana yang jadi favorit lo, Kawula Muda?

Joko Widodo kenakan baju adat saat upacara HUT RI 2020 (KOMPAS)
Mon, 15 Aug 2022


Kemerdekaan RI ke-77 sudah di depan mata, Kawula Muda. Upacara 17 Agustus jadi kegiatan yang dilakukan untuk merayakannya.

Biasanya, upacara besar dilakukan di Istana Merdeka yang dihadiri oleh Presiden Joko Widodo beserta Ibu Iriana. Menariknya, saat upacara, Jokowi beserta Ibu Negara memakai baju adat dari suku yang berbeda-beda tiap tahunnya.

Tahun ini, belum diketahui Jokowi akan mengenakan adat dari mana. Dia pun mengunggah sebuah video dan bertanya kepada masyarakat Indonesia, pakaian dari adat mana yang bakal ia kenakan nanti.

Joko Widodo kenakan baju adat saat upacara HUT RI 2021 (DETIK)

Kawula Muda, kita throwback dulu yuk, baju adat yang telah dipakai Jokowi dari tahun ke tahun saat upacara Kemerdekaan RI, lihat di bawah ini ya:

2017

Melansir dari Kompas, Senin (15/08/2022), pemakaian baju adat saat upacara Kemerdekaan dilakukan sejak 2017.

Saat itu, Jokowi mengenakan baju adat Kalimantan Selatan. Bapak Negara ini pakai jas berwarna hitam, tutup kepala, dan enggak lupa kain songket yang jadi ciri khas dari adat tersebut.

2018

Setahun kemudian, Jokowi pun kembali mengenakan pakaian adat. Kala itu, dia memilih adat dari Aceh saat upacara yang dilaksanakan di Istana Negara.

Beliau mengenakan pakaian adat yang didominasi warna hitam dan memakai penutup kepala warna merah.

Warga Aceh menyebut pakaian itu sebagai pengantin pria dengan sebutan Linto Baro.

2019

Di HUT RI ke-74, Presiden ke-7 ini pakai adat Bali, Kawula Muda. Dia menggunakan baju safari lengan panjang berbahan beludru warna hitam.

Enggak itu aja, dia memakai aksesoris warna emas di dada. Di bagian kepala, ada udeng-udeng atau ikat kepala warna emas dan merah.

2020

Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur (NTT) adalah pilihan Jokowi selanjutnya di HUT RI.

Di dekat podium, Jokowi terlihat memakai atasan berwarna putih, lengkap dengan aksesorinya yang dominan berwarna merah, seperti ikat kepala.

2021

Terakhir, Jokowi pakai baju adat dari Provinsi Lampung. Dia memakai baju lengan panjang warna putih yang dipadukan celana panjang dengan warna senada.

Luarnya, ada sarung tumpal yaitu kain sarung khas Lampung yang dipakai Jokowi menutup celana dari pinggang sampai lutut.

Untuk di tahun ini, kira-kira Jokowi bakal pakai baju adat dari mana, ya?

Berita Lainnya