Bikin Bangga, Robot-Robot Medis Canggih Ini Buatan Anak Negeri!

Hai Kawula Muda, robot buatan mahasiswa Indonesia siap melayani pasien Covid-19.

Hosiro-Usiro, Service, KECE, robot-robot karya anak bangsa. (ISTIMEWA)
Mon, 03 Oct 2022


Terjadinya pandemi Covid-19 membuat para tenaga medis harus mulai mengubah model perawatan pada pasien untuk menghindari penyebaran penyakit yang lebih meluas dan juga untuk mencegah jatuhnya korban dari kalangan tenaga medis.

Salah satunya adalah dengan menggunakan robot yang bisa mengantikan peran tenaga medis untuk berinteraksi langsung dengan pasien.

Apalagi belakangan ini juga muncul berbagai virus baru yang juga memiliki potensi untuk berkembang menjadi pandemi. Maka, pemanfaatan robot pembantu ini akan sangat penting di kemudian hari.

Melihat fenomena tersebut, mahasiswa Indonesia enggak mau ketinggalan untuk berinovasi. Beberapa robot dari ciptaan mereka pun telah tervalidasi mampu membantu para tenaga medis.

Berikut ini adalah beberapa robot ciptaan para anak negeri tersebut.

Hosiro-Usiro (Institut Teknologi September)

Robot Hosiro-Usiro buatan mahasiswa ITS. (KEMENDIKBUD)

Hosiro-Usiro (Hospital System Robot-Universal System Robot) adalah robot hasil ciptaan tiga mahasiswa Institut Teknologi September (ITS). Mereka adalah Oktaviansyah Purwo Bramastyo, Sulaiman Ali, dan Putri Norma Aprilia.

Robot yang berhasil menyabet posisi pertama dalam perlombaan LAI2-Covid 19 ini memiliki tugas menjadi pelayan dalam hal mengantar barang, melihat kondisi pasien berupa denyut jantung dan suhu tubuh.

Uniknya, robot ini juga bisa berinteraksi dan bisa mensterilkan diri sendiri serta memiliki sistem membuka pintu otomatis.

Robot Service (IT Telkom Surabaya)

Robot Service karya dosen dan mahasiswa IT Telkom Surabaya. (ANTARA)

Robot yang diberi nama Robot Service karya kolaborasi antara dosen dan mahasiswa IT Telkom Surabaya ini ditujukan untuk membantu tenaga medis.

Robot ini memiliki tiga bagian tubuhnya yang mampu membawa sesuatu, seperti makanan dan obat-obatan, kemudian bagian bawah terdapat lemari pendingin, serta memiliki kamera pemindai agar pasien dapat berinteraksi dengan keluarga.

Hebatnya, Robot Service dapat dikendalikan menggunakan joystick microcontroller yang dapat dikendalikan dari jarak jauh, seperti dari luar ruang isolasi.

Robot KECE (Universitas Negeri Surabaya)

Robot KECE karya dosen dan mahasiswa Universitas Negeri Surabaya. (ANTARA)

Robot KECE adalah hasil karya kolaborasi dosen, alumni, dan mahasiswa UNESA. Uniknya, selain berfungsi sebagai pengantar makanan dan obat pasien, KECE juga dapat mensterilisasi suatu ruangan dari virus dan bakteri melalui drone penyemprot disinfektan.

Robot ini juga dilengkapi alat komunikasi berbasis video, yang dapat menunjang kinerja tenaga medis dari jarak jauh dan juga musik untuk terapi pasien.

Salut buat para pencipta-pencipta tadi, semoga akan semakin banyak Kawula Muda lainnya yang berkarya dan bikin bangga negeri ini. Mungkin kamu salah satunya?

Berita Lainnya