Catat, 16 Bandara Ini Telah Sediakan Tes GeNose C19

Hai Kawula Muda, makin banyak nih bandara yang sediain tes GeNose C19.

Ilustrasi bandara. (Thinkstockphotos.com)
Fri, 23 Apr 2021

Sesuai dengan Surat Edaran (SE) Kemenhub Nomor 26 tahun 2021, penumpang pesawat dalam negeri pada masa pandemi Covid-19 wajib memenuhi persyaratan kesehatan.

Sejak awal April 2021, hasil tes GeNose C19 sudah bisa dimanfaatkan sebagai syarat bepergian naik pesawat udara. Setidaknya sudah 16 bandara yang membuka layanan tes berbasis embusan napas buatan anak bangsa ini.

Bandara-bandara tersebut merupakan yang dikelola PT Angkasa Pura I (Persero) dan PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP I dan AP II.

Untuk bandara milik AP I, sebelumnya sudah ada 4 bandara yang membuka layanan serupa, sedangkan bandara milik AP II juga sudah membuka layanan tes GeNose C19 di 8 bandara yang dikelola.

Dengan begitu, secara keseluruhan terdapat 16 bandara di Indonesia yang siap melayani pemeriksaan tes GeNose C19 sebagai syarat bepergian naik pesawat.

Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali. (DOK. BANDARA I GUSTI NGURAH RAI)

 

Berikut daftar 16 bandara yang menyediakan layanan tes GeNose 19.

1. Bandara Husein Sastranegara Bandung

2. Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang

3. Bandara Sultan Thaha Jambi

4. Bandara Depati Amir Pangkalpinang

5. Bandara HAS Hanandjoeddin Belitung

6. Bandara Radin Inten II Lampung

7. Bandara Supadio Pontianak

8. Bandara Raja Haji Fisabilillah Tanjung Pinang

9. Bandara Internasional Yogyakarta, Kulon Progo

10. Bandara Juanda Surabaya

11. Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali

12. Bandara Sultan Hasanuddin Makassar

13. Bandara Sentani Jayapura

14. Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan

15. Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin

16. Bandara Pattimura Ambon (mulai Jumat 23 April 2021)

Bagaimana dengan bandara lainnya?

Adapun untuk 7 bandara Angkasa Pura I lainnya, layanan GeNose akan dimulai pada minggu terakhir April 2021, sehingga pada Mei 2021 semua atau 15 bandara Angkasa Pura I sudah memberikan layanan GeNose C19.

Bandara yang masih dalam tahap perencanaan membuka layanan GeNose adalah Bandara Lombok Praya, Bandara El Tari Kupang, Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang, Bandara Sam Ratulangi Manado, Bandara Adi Soemarmo Solo, Bandara Adisutjipto Yogyakarta, dan Bandara Frans Kaisiepo Biak.

Demikian pula dengan PT Angkasa Pura II yang secara bertahap akan membuka layanan GeNose C-19 di bandara-bandara lainnya. Layanan GeNose C19 di seluruh bandara AP II dioperasikan oleh pihak ketiga yang memiliki kompetensi seperti Farmalab.

Setiap calon penumpang pesawat yang ingin melakukan tes GeNose C19 diimbau untuk melakukan registrasi terlebih dahulu melalui aplikasi Farmalab, serta memperhatikan prosedur yang ada seperti di antaranya tidak makan minimal 30 menit sebelum tes.

Berita Lainnya