Clubhouse Kembangkan Fitur Agar Penggunanya Bisa Memperoleh Uang dari Aplikasi Tersebut

Kawula Muda, kalian pakai aplikasi Clubhouse setiap hari?

theconversation.com
Mon, 22 Mar 2021

Sempat viral pada pertengahan Februari 2021, Maret ini animo masyarakat Indonesia untuk menggunakan aplikasi Clubhouse menurun. 

Padahal aplikasi media sosial Clubhouse kini justru sedang mengembangkan fitur yang memungkinkan penggunanya untuk meraup pundi-pundi uang.

Rencananya, aplikasi yang hanya mengutamakan audio ini mau memanfaatkan fitur ‘ruang obrolan’ agar bisa diuangkan dengan penggunaan mata uang digital “creator coins”. 

Karena konsep aplikasi ini juga eksklusif dan memerlukan undangan khusus untuk bisa masuk ke dalam ruang obrolan virtual, maka bukan tidak mungkin untuk pengguna yang memiliki pengaruh besar untuk bisa membuat ruang obrolan tertutup dan membuat ruang obrolan berbayar. 

Selain mengadakan ruang obrolan berbayar, Clubhouse juga ingin menambahkan sistem yang bisa merekomendasi konten secara otomatis seperti yang dilakukan oleh Netflix dan juga Spotify. Hal ini bisa membantu pengguna Clubhouse untuk stay lebih lama pada aplikasi karena selalu direkomendasikan hal-hal yang berkaitan dengan kesukaannya. 

Karena popularitas Clubhouse melejit, Twitter dan Facebook pun mengembangkan fitur audio serupa. 

Media sosial Facebook sedang mengembangkan aplikasi yang serupa dengan Clubhouse bernama Firesidesedangkan Twitter saat ini sudah meluncurkan fitur berbasis percakapan audio langsung yang bernama Spaces. 

Media sosial berbasis audio menjadi pilihan utama saat ini karena pengguna tidak perlu memperhatikan layar dan terpapar sinar layar pada saat menggunakannya. Cukup dengan berbicara atau sekadar mendengarkan, pengguna sudah merasa terhubung dan bisa mendengarkan berbagai informasi menarik dalam satu waktu. 

Penggunaan aplikasi Clubhouse juga bisa dibarengi dengan melakukan aktivitas lain, sehingga pengguna bisa mencari hiburan dan informasi sembari menjalankan aktivitas sehari-hari di waktu yang bersamaan. 

Tidak cukup sampai di situ, aplikasi Clubhouse sekarang juga sedang berusaha melebarkan sayapnya supaya pengguna Android bisa mengakses dan menggunakan Clubhouse.

  • EDITORIAL TEAM:

Berita Lainnya