Satu Lagi Alat Deteksi Covid-19 Diluncurkan, Namanya Tes Sampel Saliva atau Air Liur

Hai Kawula Muda, sekarang dengan air liur bisa mendeteksi Covid-19.

Tes Covid-19 Sampel Saliva atau air liur. (INSTAGRAM/KALBE GROUP)
Mon, 22 Mar 2021

Satu lagi alat deteksi Covid-19 diluncurkan di Indonesia. Kali ini, PT Kalbe Farma meluncurkan alat tes Covid-19 yang metodenya menggunakan air liur atau metode Sampel Saliva.

Direktur PT Kalbe Karma TBK Sie Djohan mengatakan, tes Covid-19 Sampel Saliva ini diklaim akurat karena dibaurkan dengan teknologi RT-LAMP, yang mampu mendeteksi lebih dalam dari virus SARS-CoV-2.

Atau dengan kata lain, alat tes Covid-19 Sampel Saliva dinilai memiliki akurasi yang setara dengan RT-PCR.

Relatif lebih nyaman

Sie Djohan mengatakan, tes corona Saliva ini mirip dengan tes RT-PCR. Namun, penggunaanya disebut lebih nyaman karena pengambilan sampel bisa dilakukan sendiri hanya dengan meludah di tabung steril yang sudah disiapkan.

“Peralatan yang dibutuhkan untuk melakukan tes ini cukup sederhana. Saya rasa pada umumnya laboratorium klinik yang ada di Indonesia akan memiliki peralatan sederhana seperti ini. Pengambilan sampel relatif sederhana dan nyaman karena hanya menggunakan Saliva bisa dilakukan sendiri, tidak perlu tenaga khusus untuk pengambilan sampel ini,” kata Djohan.

Tes corona Saliva ini merupakan tes Nucleic Acid Amplification (NAAT) Covid-19 untuk mendeteksi SARS-CoV-2 yang penggunaannya dinilai nyaman, cepat, dan akurat.

Air liur digunakan sebagai sumber sampel dengan menggunakan teknologi RT-LAMP, sehingga dalam penggunaannya pasien disarankan puasa selama 30 menit agar hasil yang keluar lebih akurat.

“Akurasinya sangat baik karena RT-LAMP ini menggunakan teknologi yang sama yaitu tes molekuler yang sama dengan RT-PCR yaitu didasarkan pada deteksi asam nukleat, bukan pada protein dan tes kita ini sudah dibandingkan dengan RT-PCR, dengan akurasi yang relatif mirip,” ucap Djohan.

Tes Sampel Saliva disebut memiliki performa sensitivitas sebasar 94 persen dan speifisitas sebesar 98 persen, dengan hasil lebih cepat dari RT-PCR yakni kurang dari 2 jam.

Untuk biaya, alat tes melalui Sampel Saliva ini dihargai senilai Rp 488.000 per paket. Namun, untuk harga awal perkenalan, Kalbe membanderol harga khusus sebesar Rp 400.000 per paket hingga 31 Maret 2021.

Berita Lainnya