Daftar Lengkap Pemenang The 30th Seoul Music Awards 2021, BTS Bawa Pulang 6 Trofi!

Kawula Muda, simak pula pemenang kategori rookie of the year.

Para pemenang Seoul Music Awards 2021. (TWITTER)
Mon, 01 Feb 2021

The 30th Seoul Music Awards sukses digelar pada Minggu (31/01/2021). Sejumlah musisi K-Pop berhasil membawa pulang penghargaan dari ajang bergengsi tersebut. Berlangsung di KSPO Dome, Korea Selatan, acara tersebut dipandu oleh Sooyoung Girls' Generation, Kim Heechul Super Junior, dan Shing Dong Yup.

Karena masih adanya pandemi Covid-19, Seoul Music Awards berlangsung dengan format on-tact serta mengikuti protokol kesehatan untuk mencegah semakin meluasnya penyebaran virus di Korea Selatan.

Ajang penghargaan Seoul Music Awards pertama kali diadakan pada 1990 oleh Sports Seoul. Setelah itu, setiap tahun ajang penghargaan yang memberikan apresiasi terhadap pencapaian luar biasa para musisi di industri musik Korea tersebut selalu digelar.

Pemenang penghargaan dipilh berdasarkan yang dirilis tahun lalu dengan menghitung 20 persen mobile votes, 10 persen Sports Seoul popularity poll, 40 persen digital downloads dan penjualan album, dan 30 persen berdasarkan penilaian juri.

Untuk kategori penghargaan Popularity Awards, pemenang 100 persen ditentukan dari polling berdasarkan popularitasnya.

Dalam ajang Seoul Music Awards yang ke-30 kali ini, BTS berhasil membawa pulang penghargaan utama yang menjadi Grand Prize yaitu Daesang Awards.

Tak hanya satu, BTS juga berhasil memboyong sejumlah penghargaan sebagai Best Album Award, Best Song Award, the K-Wave Award, the WhosFandom Award, dan Bonsang (Main Award), dengan total 6 trofi.


Pada 2020, Seoul Music Awards ke-29 membagi Daesang menjadi dua kategori, tetapi untuk tahun ini ajang tersebut menerapkan kembali format asli acara tersebut dengan memberikan hanya satu penghargaan Daesang serta memisahkan penghargaan untuk Best Album dan Best Song Awards.

Penghargaan Daesang yang diperoleh BTS tahun ini menjadi yang keempat kali secara berturut-turut. Sebelumnya pada 2020, Seoul Music Awards juga memberikan penghargaan tertinggi tersebut untuk grup yang terdiri dari tujuh member yaitu RM, Jungkook, V, Jimin, J-Hope, Suga, dan Jin itu.

Berikut ini adalah daftar lengkap pemenang Seoul Music Awards ke-30.

Daesang (Grand Prize): BTS

Best Album Award: BTS

Best Song Award: BTS

Bonsang (Main Award): IZ*ONE, BTS, ATEEZ, TXT, TWICE, SEVENTEEN, Stray Kids, Kang Daniel, MONSTA X, NCT 127, NU'EST, Oh My Girl

Best Performance Award: (G)I-DLE, THE BOYZ

OST Award: Jo Jung Suk (Aloha-OST Hospital Playlist)

Trot Award: Im Young Woong

Ballad Award: Sandeul B1A4

R&B/Hip Hop Award: Jessi

Band Award: LEENALCHI

Discovery of the Year: ITZY

Popularity Award (Korea): Im Young Woong

K-Wave Award (di luar Korea): BTS

WhosFandom Award: BTS dan ARMY

Fan PD Artist Award: Kang Daniel

Rookie of the Year: TREASURE, aespa, ENHYPEN

Selamat untuk para pemenang!

Berita Lainnya