Depok akan Gabung ke Jakarta, Ini Tanggapan Wagub DKI!

Apakah akan menjadi Sudirman, Citayam, Bojong Gede, dan Depok beneran?!

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria (ARIZAPATRIA.ID)
Wed, 13 Jul 2022


Walikota Depok, Mohammad Idris memberikan usulan perihal wilayah administratifnya untuk masuk menjadi bagian Jakarta Raya. 

Kemudian Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria memberikan respons mengenai usulan ini. Ia merasa usulan ini akan lebih baik untuk dikatakan kepada pemerintahan pusat langsung.

“Usulan tersebut nanti disampaikan kepada pemerintahan pusat. Kami Pemprov DKI sepenuhnya menyerahkan kebijakan tersebut kepada pemerintahan pusat dan juga daerah lain untuk dibahas bersama,” ungkapnya Ahmad Riza yang dilansir dari DetikNews.

Tampaknya, usulan ini sudah pernah mencuat saat masa kepemimpinan Sutiyoso yang terdahulu. Menurut Ahmad Riza, Jakarta dengan daerah penyangganya memang sulit untuk dipisahkan. Meskipun berada di pemerintahan yang berbeda, Jakarta dan Depok memiliki banyak kebijakan yang diatur bersama.

Mulai dari kebijakan penanganan Covid-19, transportasi, pengendalian banjir, hingga penataan kota Jakarta selalu melakukan sinkronisasi dengan daerah sekitarnya. Menurut Walikota Depok, Idris merasa permasalahan di wilayah sekitar Jakarta bisa dengan mudah selesai jika wilayahnya digabung. 

Walaupun tidak memberikan alasan secara rinci, Idris membenarkan bila ia menginginkan Depok bergabung dengan wilayah Jakarta.

Berita Lainnya