Dikabarkan Ada Pestisida, Mie Sedaap Indonesia Aman Dikonsumsi?

Katanya yang di Indo bebas pestisida si, Kawula Muda

Mie sedaap varian Korean Spicy Chicken (SHOPEE)
Fri, 30 Sep 2022


Mie Sedaap varian Korean Spicy Chicken diketahui ditarik oleh badan pengawas makanan di Hong Kong, Center for Foods Safety (CFS). Hal itu terkait dengan kandungan pestisida yang ditemukan di merek mi instan tersebut. 

Wings Group, produsen Mie Sedaap di Indonesia pun melakukan klarifikasi. Lewat keterangan resminya, disebut Mie Sedaap yang beredar bebas pestisida. 

Ilustrasi mi instan. (UNSPLASH)

 

“Berkenaan dengan publikasi yang beredar mengenai produk Mie Sedaap, kami memastikan tidak ada penggunaan pestisida dan Etilen oksida (EtO) pada Mie Sedap dan telah mengantongi persyaratan BPOM sehingga aman untuk dikonsumsi," ujar Sheila melalui keterangan resmi, Kamis (29/9/2022) mengutip OkeZone.

Lebih lanjut, Sheila turut menjelaskan bahwa Wings Group telah memproduksi Mie Sedaap sesuai sertifikasi. Sebut saya Sertifikasi ISO 22000, sertifikasi halal MUI, hingga Sertifikasi ISO 9001. 

Hal yang sama pun disebut oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Republik Indonesia. Dijelaskan bahwa produk mi instan Mie Sedaap yang beredar di Indonesia tidak mengandung pestisida.

“Berdasarkan penelusuran BPOM, produk mi instan yang ditarik di Hong Kong berbeda dengan produk bermerek sama yang beredar di Indonesia. Produk yang beredar di Indonesia memenuhi persyaratan yang ada,” tutur Kepala BPOM, Penny K. Lukito.

Sebagai informasi, residu pestisida etilen oksida atau EtO adalah jenis pestisida yang digunakan untuk fumigasi atau metode pengendalian hama. Residu ini pun memiliki manfaat buruk bagi tubuh manusia apabila dikonsumsi. 

Karena hal itulah, masalah pestisida menjadi perhatian bagi European Union Rapid Alert System for Food and Feed (EU RASFF) pada 2020 lalu. 

Berita Lainnya