Profil Dito Ariotedjo, Resmi Menjabat sebagai Menpora dan Menteri Termuda

Semoga dapat memajukan pemuda dan olahraga di Indonesia ya!

Dito Ariotedjo resmi dilantik sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Indonesia (SEKRETARIAT PRESDIEN)
Mon, 03 Apr 2023


Presiden Joko Widodo melantik Dito Ariotedjo sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) menggantikan Menpora sebelumnya, Zainudin Amali, yang mengundurkan diri setelah terpilih sebagai Wakil Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI).

Hari ini, pemuda kelahiran Jakarta, 25 September 1990 tersebut datang ke Istana Kepresidenan bersama istri, putri, dan orang tuanya dengan jas hitam dan masker berwarna kuning. Ia pun telah dilantik dan mengucapkan sumpah secara resmi oleh Presiden Jokowi sekitar pukul 16.00 WIB. 

Sebagai informasi, pemilik nama lengkap Ario Bimo Nandito Ariotedjo merupakan politisi muda asal partai Golkar. Berusia 32 tahun, ia merupakan menteri termuda dalam kabinet saat ini.

Pemberian jabatan tersebut pun telah dikonfirmasi secara resmi oleh Dito. Ia menyatakan baru diinformasikan kemarin (02/04/2023) lewat telepon oleh Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto. 

“Banyak doa, banyak kemarin sudah sama keluarga puas-puasin karena mungkin insya Allah habis dilantik, kita udah fokus buat negara,” tutur Dito seperti dikutip dari Tempo pada Senin (03/04/2023).

Dito merupakan Ketua Umum DPP Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) periode 2017-2022, sebuah organisasi kepemudaan di bawah Partai Golkar. Ia juga sempat mengetuai kepanitiaan HUT Golkar ke-58 tahun lalu. 

Dito pun telah masuk ke jajaran tim ahli Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia sejak April 2022 lalu. 

Di bidang olahraga, Dito juga pernah mengurus gelaran olahraga berskala dunia. Sebut saja kala ia menjabat sebagai Chef de Mission untuk kontingen Indonesia saat bertanding di Youth Olympic 2018 Argentina. 

Menyalurkan hobinya di bidang olahraga, Dito juga pernah menjadi pengurus Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) DKI Jakarta. 

Di samping berpolitik, Dito juga merupakan seorang pengusaha. Pada 2021 lalu, ia bekerja sama dengan Raffi Ahmad serta CEO Prestige Motor untuk membangun Rans Sport. 

Kini, ia menjabat sebagai Chairman Rans Nusantara FC yang berlaga di Liga 1 2022/2023 serta merupakan bagian dari Rans PIK Basketball di Indonesia Basketball League (IBL). 

Berita Lainnya