Fakta Munculnya Ikan 'Kiamat' Oarfish Ternyata dari Legenda Jepang?

Mungkin kebetulan

Ikan oarfish ditemukan penyelam di laut Taiwan (INSTAGRAM/chengruwang)
Thu, 27 Jul 2023

Ditemukan ikan berukuran raksasa dan misterius oleh sebuah tim penyelam di laut lepas Taiwan. Diketahui, bentuk dari ikan raksasa bernama oarfish tersebut tidak biasa seperti bentuk ikan pada umumnya yang sering dilihat manusia.

Dilansir dari Newsweek, video munculnya ikan raksasa berlubang itu diunggah oleh seorang instruktur selam bernama Wang Cheng-Ru, di akun Instagram pribadinya @chengruwang.

Dilansir juga dari CNBC, Ikan raksasa tersebut ditemukan di perairan Taiwan dengan ke dalam 200 hingga 1000 kaki di bawah permukaan air. Ikan tersebut ditemukan berukuran besar dengan berwarna silver.

Diketahui ikan yang viral ini adalah jenis ikan laut oarfish. Banyak yang mempercayai penemuan ikan oarfish dikaitkan dengan pertanda bahaya.


“Banyak hewan menakjubkan yang bisa ditemukan di timur laut Taiwan. Namun, ini adalah kali pertama saya bertemu oarfish raksasa,” ungkap Cheng-Ru.

Dalam Bahasa Jepang, ikan oarfish disebut dengan ryugu no tsukai atau pembawa pesan dari Kerajaan Tuhan.

Berdasarkan legenda Jepang, ikan oarfish dipercaya sebagai pelayan Ryijin, Dewa Laut. Kemunculannya itu disebut menjadi pesan akan terjadinya gempa di daratan.

Sebelumnya pernah terjadi dua bencana di Jepang, tepatnya gempa di Tohoki pada 2011 yang dikaitkan dengan penemuan oarfish oleh warga di tahun 2009-2010 dan bencana dari nuklir di Fukushima pada tahun 2011 lalu semakin meyakinkan mitos dari ikan 'kiamat' tersebut.

Ikan oarfish ditemukan penyelam di laut Taiwan (INSTAGRAM/chengruwang)

 

Walaupun begitu, para ilmuwan tidak langsung mempercayai mitos dari penemuan oarfish. Hiroyuki Motomura selaku Profesor Ilmu Perikanan dari Kagoshima University mengatakan bahwa tidak adanya bukti ilmiah mengenai dua kejadian itu yang saling berkaitan.

Dilansir dari New York Post, Hiroyuki Motomura mengatakan, “Tak ada bukti sains yang menunjukkan ada keterkaitan antara oarfish dan bencana. Menurut saya, masyarakat tak perlu khawatir."

Oarfish sendiri muncul ke permukaan di saat kondisi habitat mereka sedang buruk. Maka dari itu, biasanya mereka ditemukan oleh manusia dalam keadaan tidak bernyawa.

Berita Lainnya