Film “Ngeri-ngeri Sedap” Akan jadi Wakil Indonesia di Oscar 2023

Film ini telah lulus kualifikasi dalam negeri, nih, Kawula Muda

poster film ngeri-ngeri sedap (instagram/borisbokir_)
Tue, 13 Sep 2022


Film “Ngeri-Ngeri Sedap” terpilih menjadi wakil Indonesia untuk bersaing pada ajang Piala Oscar ke 95 dalam kategori Film Fitur Internasional (Best International Feature Film). 

Kompetisi yang diadakan oleh Academy of Motion Pictures Arts and Science ini akan diadakan pada 12 Maret 2023 mendatang. Motion Pictures Arts and Science sendiri setiap tahunnya memberikan penghargaan kepada film-film panjang yang diproduksi di luar Amerika Serikat. Sebagian dari film-film tersebut juga tidak menggunakan Bahasa Inggris.

Keberhasilan “Ngeri-Ngeri Sedap” menjadi wakil Indonesia dalam kompetisi ajang Piala Oscar yang ke-95 ini didasari oleh keputusan yang diambil oleh Komite Seleksi Oscar Indonesia 2022. Komite ini sendiri terdiri dari 9 orang tokoh perfilman berbagai bidang serta wartawan dan kritikus film. 9 orang yang tergabung di dalam komite ini diketuai oleh Deddy Mizwar, serta ada Zairin Zain sebagai sekretaris.

Menurut Deddy Mizwar selaku ketua Komite Seleksi Oscar 2022, terdapat berbagai persyaratan untuk bisa terpilih menjadi wakil Indonesia mengikuti kompetisi ajang Piala Oscar 2022. Salah satu persyaratan yang wajib dimiliki film yang akan tergabung dalam kompetisi ajang Piala Oscar 2022 adalah film tersebut sudah pernah diputar di bioskop selama seminggu secara berturut-turut. 

Komite Seleksi Oscar 2022 membutuhkan waktu satu bulan lamanya guna menentukan siapa yang layak mewakili Indonesia menurut pilihan komite.

Dalam penentuannya, komite mempertunjukkan secara khusus film-film yang sudah diseleksi secara khusus di studio XXI Plaza Senayan, mulai dari Senin (12/9/2022) pagi hingga petang.

Acara ini dilanjutkan dengan diskusi juri yang sayangnya hanya diikuti oleh 7 anggota. 2 anggota lain yang absen adalah Garin Nugroho dan Yadi Sugandi. 

ngeri-ngeri sedap yang sudah mendapatkan lebih dari 2,8 juta penonton (Instagram/borisbokir_)

 

Film “Ngeri-Ngeri Sedap” sendiri sudah pamit dari layar lebar setelah berhasil meraup sekitar lebih dari  2,8 juta penonton. 

Film “Ngeri-Ngeri Sedap” ini akan menjadi film bergenre komedi kedua dari Indonesia yang akan bersaing dalam kompetisi ajang Piala Oscar setelah sebelumnya ada film “Nagabonar” yang dibintangi oleh Deddy Mizwar dan Nurul Arifin.

Berita Lainnya