Tak Selalu Jahat, Berikut Beberapa Jenis Hacker dan Pekerjaannya

Ada yang bertujuan positif dan negatif, Kawula Muda!

Ilustrasi hacker. (FREEPIK)
Tue, 13 Sep 2022


Hacker atau peretas merupakan seseorang yang mampu memasuki sebuah jaringan dengan akses ilegal atau tidak sah pada sistem tersebut. 

Jauh sebelum saat ini, rupanya istilah hacker pertama kali muncul pada tahun 1960. Saat itu, organisasi mahasiswa bernama Tech Model Railroad Club di Massachusetts Institute of Technology (MIT) melakukan peretasan dengan tujuan positif. 

Akan tetapi, pada 1983, istilah peretas menjadi berkonotasi negatif. Adapun hacker yang jahat tersebut biasa dikenal sebagai ‘cracker’. 

Di dunia peretas, rupanya terdapat berbagai jenis kategori dengan pekerjaan yang berbeda, loh Kawula Muda! Berikut di antaranya!

White Hat Hacker

Peretas dengan kategori ini bertugas untuk menguji sistem informasi suatu perusahaan. Adapun mereka biasanya mencoba untuk meretas sistem perusahaan untuk mengecek apakah sistem tersebut sudah cukup baik atau belum. 

Black Hat Hacker

Bertugas merebut jaringan atau program dengan ilegal, peretas ini bertujuan untuk mengambil keuntungan pribadi. Misalnya saja mencuri data pribadi orang lain untuk kemudian diperjual belikan di dunia maya. 

Grey Hat Hacker

Merupakan kombinasi dari White dan Black Hacker, Grey Hat Hacker bertugas meretas sebuah sistem dengan cara ilegal. Kemudian, ia dapat melaporkan kelemahan alias celah tersebut kepada sang pemilik sistem untuk dimintai imbalan. 

Red Hat Hacker

Bertujuan untuk menghentikan serangan dari Black Hat Hacker, Red Hat Hacker dapat saja melakukan serangan yang ekstrem. Misalnya melumpuhkan secara total server milik Black Hat Hacker. 

Green Hat Hacker

Merupakan golongan peretas pemula yang masih ‘hijau’, Green Hat Hacker bertugas mengasah keterampilan mereka. Dengan begitu, mereka dapat memiliki teknik yang lebih baik untuk meretas. 

Blue Hat Hacker

Masih merupakan hacker pemula, hacker jenis ini memiliki visi untuk membalas dendam. Walau tidak memiliki level kemampuan setinggi Black Hat Hacker, peretas jenis ini memiliki tujuan merusak yang sama dengan jenis hacker tersebut. 

Script Kiddies

Merupakan peretas amatir, peretas jenis ini hanya dapat menggunakan skrip yang dikembangkan orang lain untuk merusak perangkat. Walau begitu, peretas ini juga tetap merugikan orang lain. 

Berita Lainnya