Gerhana Matahari dapat Ditonton secara Live Streaming dari Antartika 4 Desember Mendatang

Kamu bakal nonton live streamingnya enggak, Kawula Muda?

Ilustrasi gerhana matahari (UNSPLASH/GoodFreePhoto)
Fri, 03 Dec 2021

Gerhana matahari terakhir di 2021 akan terjadi pada Sabtu (04/02/2021) mendatang. Sayangnya, gerhana tersebut hanya dapat ditonton dari Antartika

Namun, untuk yang mau nonton gerhana mataharinya jangan khawatir ya! Karena akan ada live streaming gerhana matahari yang dapat ditonton oleh masyarakat umum. 

Ilustrasi proses gerhana matahari (UNSPLASH/Bryan Goff)

 

“Sejak pukul 07.03-08.04 universal time wilayah Antartika yang terkena umbra Bulan akan mengalami gerhana Matahari total dengan durasi totalitas antara 90-116 detik," ujar peneliti di Pusat Riset Antariksa LAPAN, BRIN, Andi Pangerang, seperti dikutip dari CNNIndonesia.

Live streaming tersebut akan dimulai pukul 12.00 IST atau 13.30 WIB dan ditayangkan di YouTube Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA). Gerhana akan berlangsung selama setengah jam dan fase gerhana matahari total akan berlangsung mulai pukul 14.44 WIB. 

Gerhana matahari total memang merupakan fenomena yang langka. Gerhana matahari total terakhir terjadi di Antartika pada 23 November 2002 dan baru akan terjadi kembali di 15 Desember 2039. 

Sementara itu, gerhana matahari total merupakan fenomena ketika bulan berada di antara matahari dan bumi dengan posisi lurus. Akibatnya, bulan pun akan menghalangi cahaya matahari. 

Selain Antartika, beberapa daerah juga dapat menyaksikan fenomena gerhana matahari total kurang dari 10 persen. Misalnya saja, Saint Helena, Namibia, Lesotho, Afrika Selatan, Georgia Selatan, Kepulauan Sandwich, Kepulauan Crozet, Kepulauan Falkland, Chili, Selandia Baru, hingga Australia. 

Berita Lainnya