Haji Furoda, Biayanya Tembus Rp 300 Juta, Resmi atau Tidak?

Hai Kawula Muda, ada mau coba berhaji lewat jalur sultan?

Bis rombongan haji Indonesia. (KEMENAG RI)
Wed, 06 Jul 2022


Kasus dideportasinya 46 jemaah Indonesia lewat jalur haji furoda 2022 baru-baru ini menimbulkan banyak pertanyaan di tengah masyarakat. Apa itu haji furoda? Bagaimana cara mendaftar haji furoda? Apakah haji furoda resmi atau tidak?

Haji furoda adalah layanan haji yang visanya didapatkan sendiri dari pemerintah Arab Saudi atau dikenal dengan visa mujamalah. Sehingga, keberadaan haji furoda adalah legal.

Sesuai dengan namanya, harga haji furoda pun kerap dijual dengan harga ratusan juta. Tak heran jika haji furoda dijuluki sebagai hajinya para sultan.

Beberapa agen membuka harga haji furoda mulai 17.000 dolar AS atau sekitar Rp 254 juta hingga 20.000 dolar AS atau sekitar Rp 299  sampai Rp 300 juta (dengan kurs Rp 14.938).

Fasilitas haji furoda

Sesuai dengan harganya yang mahal, pihak travel akan menawarkan hotel bintang lima dan beberapa fasilitas lengkap selama beribadah haji.

Romobongan jamaah haji Indonesia. (ANTARA)

 

Berikut fasilitas yang didapat jamaah Haji Furoda:

  • Paket Haji Furoda 2023 sesuai Masyair
  • Visa Haji Furoda/Mujamalah (Resmi)
  • Terdaftar di e-hajj online Saudi Arabia
  • Langsung Berangkat Tanpa Antri
  • Pesawat Qatar Airways Landing Jeddah
  • Hotel Mekah/Madinah sesuai Masyair
  • Maktab sesuai Masyair
  • Hotel/Apartemen Transit sesuai Masyair
  • 25-27 hari (termasuk 2 H perjalanan)

Menurut Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Hilman Latief haji furoda menggunakan kuota di luar haji resmi pemerintah.

Untuk mendapatkan visanya, calon jemaah bisa membeli langsung di travel haji furoda terpercaya, seperti Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK).

Hilman menjelaskan, Kemenag tidak secara langsung mengelola jamaah haji dengan visa mujamalah karena merupakan hak Pemerintah Arab Saudi untuk mengundang mitra mereka sebagai penghargaan, penghormatan dukungan diplomatik dan lainnya.

Haji khusus dan haji furoda memiliki perbedaan. Haji furoda adalah program ibadah haji khusus tanpa antre. Sedangkan, haji khusus biasanya masih menggunakan waktu antre namun lebih cepat dari kuota pemerintah.

Berita Lainnya