Hore! Panggilan Video Google Meet Tidak Jadi Dibatasi alias Tetap Gratis!

Hai Kawula Muda, mau meeting atau belajar virtual dan gratis seharian, bisa pakai Google Meet lho.

Aplikasi panggilan video Google Meet. (HOW TO WEB)
Wed, 30 Sep 2020

Google pertama kali menggratiskan layanan premium Google Meet kepada semua pengguna Gmail pada awal Maret 2020, saat mulai terjadi pandemi global. Layanan premium tersebut mencakup panggilan tanpa batas hingga 24 jam dalam sehari.

Saat itu, Google mengatakan bahwa layanan premium ini hanya akan digratiskan hingga 30 September 2020.

Setelah tidak digratiskan lagi, pengguna Google Meet hanya bisa melakukan panggilan gratis selama 1 jam dalam sehari dan harus berlangganan layanan G Suite Essential jika ingin mendapatkan durasi panggilan lebih panjang.

Namun, beberapa hari sebelum kebijakan tersebut diterapkan pada 1 Oktober 2020, Google Meet mengumumkan bahwa mereka tidak jadi membatasi panggilan video gratis menjadi 1 jam dalam sehari.

Dalam keterangan resminya, Group Product Manager Google Meet Samir Pradhan mengatakan, pengguna Meet tetap bisa melakukan panggilan video tanpa batas dalam sehari sampai 31 Maret 2021.

Dikutip dari The Verge, Rabu (30/9/2020), Pradhan mengatakan, “Saat kita menantikan musim liburan dengan sedikit perjalanan dan pencapaian penting seperti reuni keluarga, rapat orngtua dan guru, dan pernikahan yang diselenggarakan lewat video, kami ingin terus membantu mereka yang bergantung kepada Meet untuk tetap berhubungan selama beberapa bulan mendatang.”

“Sebagai tanda komitmen kami, hari ini kami melanjutkan panggilan Meet tanpa batas (hingga 24 jam) untuk versi gratis hinga 31 Maret 2021 untuk akun Gmail,” kata Pradhan menambahkan.

Dengan perpanjangan durasi layanan gratis ini, para pengguna yang mengandalkan Google Meet untuk rapat, belajar, dan kegiatan virtual lainnya selama pandemi tentu bisa merasa lega.

Tetapi, kebijakan ini tidak berlaku untuk pengguna G Suite dan G Suite for Educaton. Mereka tidak bisa lagi mengakses layanan premium Google Meet, seperti rapat dengan 250 partisipan dan merekam sesi rapat ke Google Drive secara gratis setelah 30 September 2020. Google mengatakan, akses gratis ini tidak akan diperpanjang.

Berita Lainnya