Ibu Dipenjara karena Paksa Bayinya Ikut Diet Vegan dan Meninggal

:(

Ilustrasi malnutrisi (ISTOCK)
Sat, 03 Sep 2022

Seorang ibu di Florida, Amerika Serikat yang menganut diet vegan ekstrem akibatkan bayinya yang berusia 18 bulan meninggal dunia pada 2019 lalu. Adapun penyebab meninggalnya bayi bernama Ezra tersebut adalah komplikasi malnutrisi akut. 

Saat meninggal, berat sang bayi hanya mencapai 7,7 kg. Hal tersebut karena Ezra hanya memakan buah-buahan, sayur, serta ASI saja. 

Ilustrasi bayi malnutrisi (UNSPLASH/JANKO FERLIC)

 

Bahkan, bayi tersebut disebut tidak diberi makan selama satu minggu sebelum kematiannya pada September 2019 lalu. Hal tersebut berdasarkan konfirmasi dokter yang memeriksa sang bayi. 

Jaksa yang memeriksa kasus tersebut juga mengatakan bahwa sang bayi sebenarnya telah menangis terus-menerus. Namun, sang ibu dan suaminya tidak memperdulikannya. 

Bayi tersebut juga disebut tidak pernah diperiksa kesehatannya di rumah sakit. Kemudian, menurut laporan kepolisian, Ezra berhenti bernapas begitu saja saat sedang menyusu. Kedua orang tua tersebut pun sempat menelepon 911. Namun, hal tersebut sudah terlambat. 

Karena hal tersebutlah, ibu dari bayi tersebut, Sheila O’Leary dijebloskan ke penjara berdasarkan keputusan hakim pada 26 Juli 2022. 

Selain Ezra, Sheila rupanya memiliki tiga anak lainnya. Anak Sheila yang berusia tiga dan lima tahun juga dilaporkan mengalami malnutrisi akibat diet vegan yang mereka anut. 

Kulit keduanya tampak kekuningan dan bahkan ada yang mengalami kerusakan gigi sehingga berwarna hitam. 

Di sisi lain, anak sulungnya yang berusia 11 tahun memiliki kondisi yang jauh lebih baik. Polisi menduga hal tersebut karena ia kerap berkunjung ke rumah ayahnya (yang telah bercerai dengan Sheila) sehingga mendapat asupan gizi yang lebih baik. 

Berita Lainnya