Indeks Kemacetan Jakarta Naik Lagi, jadi Peringkat 29 di Dunia

Katanya karena masyarakat kembali beraktivitas normal, Kawula Muda

Kegiatan masyarakat berangsur normal, indeks kemacetan Jakarta kembali naik ke peringkat 29 seluruh dunia (MEDIA INDONESIA/SUSANTO)
Mon, 27 Feb 2023


Setelah sempat turun ke peringkat 46 dunia di tahun 2021, indeks kemacetan Jakarta kembali naik, Kawula Muda. Lembaga pemeringkat lalu lintas kota dunia, TomTom International BV, menempatkan indeks kemacetan Jakarta di peringkat 29 pada tahun 2022.

Kemacetan yang semakin parah ini dilansir karena aktivitas warga Ibu Kota yang kembali normal pasca pandemi Covid-19. TomTom mencatat, rata-rata waktu tempuh untuk perjalanan per 10 kilometer di Jakarta mencapai 22 menit 40 detik akibat macet.

Ilustrasi kemacetan Jakarta yang semakin parah, kendaraan pribadi memasuki jalur Transjakarta (PRAMBORS/Fajrina Nadya)

Indeks kemacetan yang diurutkan dari 389 kota di 56 negara di dunia ini menempatkan Jakarta dengan posisi yang mengkhawatirkan. Berdasarkan peringkat kemacetan TomTom, ada dua kota di Asia Tenggara yang masuk 50 besar, yaitu Jakarta di 29 dan Manila, Filipina yang berada di peringkat sembilan.

"Sepanjang pandemi, kami mengamati jam sibuk lalu lintas menjadi sebuah kenangan. Sayangnya, kondisi itu sepertinya sudah kembali," tulis TomTom dalam keterangannya, seperti dikutip dari Antara, Rabu 22 Februari 2023.

Lamanya waktu tempuh kota-kota di dunia terjadi karena sejumlah faktor, mulai dari kondisi infrastruktur jalan raya seperti kategori jalan, kapasitas jalan hingga batas kecepatan menurut TomTom.

TomTom sendiri menggunakan metodologi pengukuran indeks kemacetan yang diambil dari data pergerakan kendaraan (floating car data/FCD). Pada 2022, lembaga tersebut menggunakan pengukuran berdasarkan waktu tempuh perjalanan per 10 kilometer.

Menanggapi hal ini,  Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengajak warga untuk menggunakan bus Transjakarta untuk mengurangi kemacetan di Ibu Kota. 

“Ayo ramai-ramai naik Transjakarta,” kata Heru Budi di Pendopo Balai Kota DKI Jakarta (22/02/2023) melansir Tempo.

“Kami bereskan macetnya,” ujarnya berjanji akan menuntaskan masalah kemacetan Jakarta.

Untuk diketahui, kota dengan indeks kemacetan tertinggi adalah London, Inggris. Waktu tempuh lalu lintas di kota itu per 10 kilometer adalah 36 menit 20 detik.

Sedangkan, indeks kemacetan terendah dipegang kota Almere, Belanda. Dengan waktu tempuh hanya 8 menit 20 detik per 10 kilometer, yang menempatkan kota tersebut di urutan paling akhir.

Semoga saja indeks kemacetan Jakarta bisa kembali turun ya, Kawula Muda!

Berita Lainnya