India Berhasil Mendarat di Bulan untuk Pertama Kalinya

Kapan mendaratnya?

Pesawat Ruang Angkasa India, Vikram Chandrayaan-3 (CNBC INDONESIA)
Thu, 24 Aug 2023

India sukses untuk pertama kalinya mendaratkan pesawat ruang angkasa Chandrayaan-3 di Kutub Selatan Bulan pada Rabu (23/08/2023).

Keberhasilan ini menjadikan India sebagai negara keempat yang berhasil mendarat di bulan setelah Amerika Serikat, eks Uni Soviet dan China.

Sebelumnya dilansir dari Antariksa Republika, Misi Chandrayaan-3 itu sudah diluncurkan sejak 14 Juli 2023 dan berhasil memasuki orbit bulan pada 5 Agustus 2023. Kemudian, pendarat Vikram Chandrayaan-3 diketahui terpisah dari modul propulsinya pada 17 Agustus 2023, dan mulai mengatur panggung untuk percobaan pendaratan.

Pesawat Ruang Angkasa India, Vikram Chandrayaan-3 (USS FEED)

 

Upaya pendaratan pun dilakukan di dekat Kutub Selatan Bulan, yang diperkirakan kaya akan air esnya. Diketahui, belum ada yang pernah menjelajahi wilayah tersebut selain India.

Dilansir dari CNBC Indonesia, Sreedhara Somanath selaku Ketua Organisasi Penelitian Luar Angkasa India atau Indian Space Research Organization (ISRO) menyebutkan pendaratan Pesawat ruang angkasa Chandrayaan-3 di Kutub Selatan Bulan itu mulai terjadi sekitar pukul 18.03 waktu India.

"Kami telah sukses mencapai pendaratan di bulan! India ada di bulan!" ucap Sreedhara.

Selama kurang lebih dua jam setelah mendarat, ISRO mengunggah gambar ke X (Twitter) yang menunjukkan permukaan bulan seperti yang terlihat oleh Chandrayaan-3 selepas turun. 

Tidak lama usai mendarat, badan antariksa itu telah berhasil dalam membangun hubungan komunikasi antara pesawat ruang angkasa dan kendali misi.


Dilansir kembali dari Antariksa Republika, setelah melakukan pendaratan, wahana luar angkasa tersebut akan mengerahkan dua penjelajah kecil bernama Pragyan di bulan tersebut. Kedua robot kecil itu yang akan mempelajari data ilmiah di sekelilingnya selama sekitar satu hari di Bulan atau setara 14 hari di Bumi, dengan menggunakan berbagai instrument sains.

“Keberhasilan ini adalah milik seluruh umat manusia dan akan membantu misi bulan yang dilakukan negara-negara lain di masa depan,” ujar Narendra Modi selaku Perdana Menteri India.

"Saya yakin bahwa semua negara di dunia, termasuk negara-negara di kawasan Selatan, mampu mencapai prestasi seperti itu. Kita semua bisa bercita-cita untuk mencapai bulan dan seterusnya,” tutup Narendra Modi.

Berita Lainnya