Indonesia Jadi Salah Satu Negara Percontohan dalam Penanganan Covid-19

Kawula Muda, kamu setuju engga kalo Indonesia jadi contoh dalam penanganan corona?

Menteri Kesehatan RI, Terawan Agus Putranto. (INSTAGRAM/KEMENKES RI)
Tue, 10 Nov 2020

Dirjen WHO menyarankan dunia agar menanggulangi Covid-19 sama seperti Indonesia. Tak hanya Indonesia, ada dua negara lain yang jadi percontohan yaitu Thailand dan Afrika Selatan.

Pernyataan ini dikeluarkan setelah dilakukannya Intra-Action Review (IAR) pada 11-14 Agustus 2020.

Dilansir dari website kemkes.go.id, Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto mengatakan bahwa menghadirkan 138 pemangku kepentingan multi-sektoral untuk me-review Indonesia bukanlah merupakan hal yang mudah.

Namun, dengan koordinasi antara Presiden Joko Widodo dan anggota lainnya, akhirnya semua bisa berkomitmen dan aktif berkontribusi mengikuti IAR.

“Keterlibatan pemangku kepentingan multi-sektoral dalam kajian ini sangat penting dalam mendapatkan pandangan multi-perspektif tentang tanggapan Covid-19 di Indonesia,” ujar Terawan dalam virtual konferensi pers Jumat, (6/11/2020).

orang-orang pakai masker di tempat umum. (FREEPIK)

Indonesia menganggap IAR sangatlah penting karena merupakan salah satu tindakan praktik terbaik yang berkontribusi dalam upaya pencegahan Covid-19. Di Indonesia, IAR memiliki 9 pilar utama.

“Memang partisipasi aktif dari berbagai pemangku kepentingan merupakan kunci sukses IAR. Yang tidak kalah penting, keterlibatan multi-sektoral dalam IAR juga meningkatkan penerimaan rekomendasi IAR oleh semua pemangku kepentingan,” kata Terawan lagi.

Kontribusi dari rekomendasi IAR adalah meningkatnya koordinasi antar pemangku kepentingan di tingkat nasional dan sub-nasional. Hasilnya, selain meningkatnya koordinasi, hal ini juga memperbarui platform mitra Covid 19.

  • EDITORIAL TEAM:

Berita Lainnya