Ini Arti dan Penjelasan Tingkatan Gelar di Kerajaan Inggris

Kawula Muda, ternyata gelar di kerajaan Inggris sederhana, loh!

Prince George, Princess Charlotte, dan Prince Louis (Twitter/RoyalFamily)
Sat, 10 Sep 2022

Kematian Ratu Elizabeth II tidak hanya meninggalkan duka mendalam kepada banyak orang. Kematian tersebut juga menimbulkan rasa ingin tahu Warganet mengenai hal-hal berbau Kerajaan Inggris

Penyebutan anggota keluarga Kerajaan Inggris misalnya. Penyebutan nama keluarga Kerajaan Inggris diikuti oleh gelar bangsawan yang berbeda-beda. Hal ini tentu membuat beberapa Warganet bingung dengan arti dan maksud gelar tersebut.

Tim Prambors akan membahas gelar dan sebutan yang sering Kawula Muda temui ketika bertemu dengan hal-hal yang berkaitan dengan Kerajaan Inggris. 

King dan Queen

Raja (king) dan Ratu (queen) adalah kepala negara. Keduanya berada di bagian tertinggi hierarki Kerajaan Inggris dan diikuti dengan sebutan 'Your Majesty'. Namun, sebutan keduanya tidak berlaku ketika seorang ratu yang menjabat. Ternyata, suaminya tidak ikut bergelar raja melainkan bergelar pangeran. Contohnya, suami Ratu Elizabeth II yang bergelar Pangeran Philip. 

Prince dan Princess

Selain digunakan untuk suami seorang ratu, anak dan cucu dari raja atau ratu akan menggunakan gelar ini. Mereka juga akan ikut disebut sebagai 'Your Royal Highness'. Sapaan ini hanya untuk mereka yang memiliki darah keturunan kerajaan saja ya, Kawula Muda!

Duke dan Duchess

Kawula Muda pasti familiar dengan gelar bangsawan yang satu ini. Gelar ini ternyata merupakan gelar tertinggi setelah raja dan ratu. Seorang pangeran atau putri yang sudah cukup umur akan dipanggil dengan sebutan duke atau duchess. Nantinya, mereka akan diberi kewenangan untuk memerintah sebuah wilayah yang disebut dengan "dukedom". Karena itulah, sebutan duke dan duchess selalu diikuti oleh wilayah di mana mereka memerintah, seperti Pangeran William yang bergelar Duke of Cambridge dan ayahnya, pewaris takhta kerajaan Inggris, Pangeran Charles, yang bergelar Duke of Cornwall.

Marquess dan Marchioness

Gelar kedua dalam sistem Kerajaan Inggris setelah Duke adalah Marquess. Sedangkan, untuk pasangan Marquess diberi gelar marchioness. Marquess merupakan pemimpin wilayah bernama March yang terletak di perbatasan negara. Marquess diberi kepercayaan untuk menjaga wilayah perbatasan kerajaan dari musuh.

Earl dan Countess

Ternyata, gelar ini sudah ada sejak abad ke-10, Kawula Muda! Gelar yang menempati posisi ketiga dalam sistem Kerajaan Inggris ini memiliki jumlah yang paling banyak, loh! Hal ini dikarenakan seorang Earl atau Countess bisa diturunkan dari ahli waris pria maupun wanita.

Viscount dan Viscountess

Gelar ini merupakan gelar yang digunakan untuk sheriff di sebuah wilayah. Gelar ini menjadi cukup populer menyusul popularitas serial "Bridgerton" di Netflix. Sheriff sendiri adalah penegak hukum tertinggi di county atau kabupaten.

Baron dan Baroness

Baron merupakan peringkat terakhir dalam gelar kebangsawanan di Inggris. Kata Baron dan Baroness ternyata berasal dari bahasa Prancis kuno yang artinya "orang bebas". Pada awalnya, gelar ini merupakan gelar yang diberikan kepada bangsawan pemilik tanah. Seiring berjalannya waktu, sapaan untuk Baron dan Baroness di masa kini adalah Lord dan Baroness adalah Lady. Sedangkan, gelar untuk Baron atau Baroness hanya digunakan untuk dokumen formal saja.

Berita Lainnya