Irlandia Bakal Kasih Rp 1,3 M bagi yang Mau Pindah ke Pulau Kecilnya

Rugi atau untung jika pindah ke Irlandia dengan Hibah Rp 1,3 M? simak penjelasannya!

Ilustrasi Pulau Irlandia (PIXABAY/christianbirkholz)
Mon, 26 Jun 2023

Negara Irlandia, belum lama ini menawarkan hibah bagi orang yang mau pindah menjadi penduduk di pulau kecil mereka. Hibah tersebut sebesar 84.000 Euro atau sekitar Rp 1,3 miliar.

Dilansir dari CNBC Indonesia, pulau-pulau yang ditawarkan itu berada di lokasi terpencil dan tidak terhubung dengan jembatan atau jalan-jalan besar.

Hampir tidak ada orang yang tinggal di sana. Meski begitu, ada sekitar 300.000 orang yang berwisata mengunjungi ke pulau-pulau itu setiap tahunnya. Beberapa pulaunya hanya memiliki sekitar 2 penduduk sepanjang tahunnya. 

Salah satunya yang bisa ditinggali adalah Pulau Inishmore yang terletak di teluk Galway, lepas pantai barat Irlandia. Pulau tersebut memiliki luas 31 kilometer persegi dan hanya memiliki populasi 762 penduduk. Pulau tersebut disebut mempunyai pemandangan yang sangat indah.

Selain di pulau Inishmore, Irlandia juga menawarkan 19 pulau indah lainnya untuk ditinggali.

Penawaran yang dilakukan Irlandia ini akibat dari penurunannya tingkat populasi di pulau kecilnya. Kurangnya kaum muda menjadi masalah utama di pulau-pulau tersebut. Pada periode tahun 1996 hingga 2016, tercatat terjadi penurunan populasi sebesar 12,8 persen.

Horse Island, Irlandia (CNBC.COM)

 

Heather Humphreys selaku Menteri Pembangunan Pedesaan dan Masyarakat Irlandia mengungkapkan, “Kami memiliki 80 rencana yang dirancang untuk mendukung dan memberdayakan masyarakat pulau dan orang-orang yang tinggal di sana.”

“Ini semua tentang meningkatkan perumahan, akses yang lebih baik ke layanan penting dalam kesehatan dan pendidikan, memberikan broadband berkecepatan tinggi, dan mengembangkan lebih lanjut fasilitas luar ruangan kami, yang pada gilirannya akan meningkatkan pariwisata dan mendukung masyarakat pulau yang berkelanjutan,” lanjutnya.

Lokasi pulaunya memang cukup jauh dari kehidupan modern namun, memiliki peluang bagi mereka yang bermimpi memperbaiki pedesaan.

Tingkat infrastruktur yang rendah dan lokasi yang sangat terpencil, berpindah ke pulau tersebut memang bukanlah hal yang menarik bagi semua orang, dan juga tidak semua orang yang pindah ke pulau, mendapatkan pembayaran tunai secara penuh.

Pulau Irlandia (PIXABAY/pauline_17)

Siapa saja boleh untuk menjadi calon penduduk di pulau terpencil ini untuk meninggali rumah-rumah yang sudah ada atau membangun rumah baru. Tetapi harus memenuhi persyaratan dan mengikuti peraturan yang ada sebelum resmi menjadi penduduk di Irlandia.

Melansir dari Asumsi, aturan tersebut salah satunya membeli atau sudah memiliki properti di salah satu pulau terpencil tersebut. 

Skema yang dijalankan pemerintah merupakan sebuah hibah. Artinya, jika membeli properti kosong yang sudah ada, bisa mendapatkan hibah sebesar 60.000 Euro, jika berada di lokasi terpencil. Hibahnya itu hanya 10.000 lebih tinggi daripada membeli properti di pulau utama.

Hibah sebesar 84.000 Euro akan diberikan kepada orang yang memilih untuk mengambil alih properti terlantar di pulau terpencil.

Namun, diketahui hibahnya dirancang untuk membantu memperbarui properti lama yang rusak, artinya uangnya akan dapat dihabiskan dengan cepat untuk renovasi tempat tinggal. Skema tersebut akan di rencanakan mulai pada 1 Juli 2023 mendatang.

Kawula Muda, bagaimana menurut lo? Tertarik untuk pindah atau tidak?

Berita Lainnya