Jangan Keramas setiap Hari! Ini Deretan Kesalahan saat Keramas yang Bikin Rambut Rusak

Hmm.. ada yang kamu lakuin enggak nih?

Ilustrasi Keramas (UNPLASH)
Sun, 27 Feb 2022

Keramas di pagi hari dapat menyegarkan tubuh, begitu juga di malam hari yang bisa menghilangkan stres setelah beraktivitas seharian. Walau demikian, keramas bisa membuat rambutmu rusak jika tidak dilakukan dengan benar.

Ternyata ada beberapa kesalahan yang mungkin kamu tidak sadari saat berkeramas, loh!
Yuk, cari tahu apa saja kesalahan keramas yang harus dihindari!

Perempuan sedang mandi. (FREEPIK.COM)

 

1. Menggunakan Air yang Terlalu Panas

Mandi dengan air panas memang membuatmu nyaman, apalagi saat keramas. Akan tetapi, jika air terlalu panas, kulit kepala akan rusak. Sama halnya dengan pengering rambut dan alat penata rambut.

Mencuci rambut dengan air juga akan merusak lapisan lipid pelindung alami di kulit kepala yang menyebabkan gatal dan merah.

2. Tidak Menyisir Sebelum Mandi

Hal ini juga salah satu kesalahan keramas, Kawula Muda. 

Lakukan menyisir sebelum mandi sebenarnya dapat membantu rambutmu tetap bebas kusut lebih lama. Setelah mencuci dan membilas rambut, keringkan dengan lembut menggunakan handuk daripada menggosoknya, yang dapat menyebabkan lebih banyak rambut kusut dan kusut.

3. Keramas Setiap Mandi

Jika kamu menginginkan rambut yang sehat dan bervolume, maka jangan sering keramas, ya. lebih sedikit tentu lebih banyak dalam hal mencucinya. Bila keramas terlalu sering, sampo dapat menghilangkan minyak alami esensial yang dihasilkan kulit kepala untuk menjaga rambut berkilau dan terhidrasi. 

Kebanyakan orang perlu keramas tidak lebih dari dua hari sekali, dan jika rambutmu keriting, keramas seminggu sekali saja sudah cukup untuk menjaganya tetap bersih.

4. Menggosok Kepala dengan Kuku

Kulit di kepala halus dan rentan terhadap pencucian agresif. Jika menggaruknya dengan kuku dapat mengiritasinya bahkan menyebabkan peradangan. Lebih baik pijat kulit kepala dengan lembut dengan ujung jari selama sekitar 3 menit. Hindari gerakan maju mundur yang keras untuk mencegah kusut.

5. Tidak Membilas dengan Baik

Pastikan kamu membersihkan rambut setelah keramas dengan bersih ya, Kawula Muda. Jika secara tidak sengaja meninggalkan sampo atau kondisioner di rambut bisa menyebabkan penumpukan kulit kepala dan pori-pori tersumbat. 

Bilas rambutmu 1 hingga 2 menit dan menurunkan suhu air karena air dingin tidak mengeringkan rambut dan tidak membantunya tetap berkilau.

Jangan lupa untuk dipraktikkan ya, Kawula Muda!

Berita Lainnya