Kain Kafan Jenazah Terjulur akibat Longsor di TPU Sirnaraga Bandung

Kawula Muda, semoga tidak terjadi lagi hal seperti ini, ya

Beberapa Makam yang Rusak Akibat Longsor di TPU Sinaraga Bandung (Twitter/txtdaribandung)
Wed, 05 Oct 2022


Intensitas hujan yang kian meningkat akhir-akhir ini menyebabkan longsor di berbagai daerah. Salah satunya longsor di kawasan TPU Sirnaraga, Bandung, Jawa Barat.

Longsor yang terjadi di area pemakaman tersebut rupanya membuat beberapa area makam rusak, Kawula Muda.

Dalam sebuah video yang diunggah oleh akun @txtdaribandung di Twitter terlihat beberapa kain kafan berisikan jenazah menyembul keluar karena kikisan tanah akibat longsor. Tidak hanya itu, dalam video tersebut terlihat juga kucuran air yang masih mengalir.

Video yang mengundang keprihatinan Warganet tersebut kemudian menjadi viral dan pihak pemakaman kemudian memberikan penjelasan terkait kondisi makam-makam tersebut. 

Syaiful Iman, Kepala UPT TPU Sirnaraga mengatakan bahwa hujan deras yang terjadi membuat tanggul penahan roboh sehingga menyebabkan longsor dan membuat 25 makam terdampak.

Syaiful juga menjelaskan, bahwa terdapat 10 makam yang rusak. Faktanya, 7 dari 10 makam tersebut perlu dipindahkan, Kawula Muda. Makam tersebut terdiri dari lima makam anak-anak dan dua makam dewasa. Sedangkan untuk tiga makam yang rusak perlu diperbaiki, tetapi tidak perlu dipindahkan.

"Berdasarkan laporan dari lapangan, terjadi hujan deras pada pukul 14.00 WIB sampai dengan pukul 14.37 yang mengakibatkan robohnya kirmir (tanggul penahan) dengan tinggi 3,5 meter," tambah Syaiful mengutip Suara, Selasa (04/10/2022).

Jika tanggul penahan tidak segera diperbaiki, Syaiful memprediksi jumlah makam yang harus dipindahkan akan bertambah. Hal tersebut dikarenakan terdapat makam lain yang berpotensi atau rawan tergerus.

Berita Lainnya