Kaleidoskop 2022: 15 Kejadian Paling Viral Versi Prambors!

Yuhu welcome 2023!

Prambors Kaleidoskop 2022
Sat, 31 Dec 2022

Menjelang pergantian tahun dari 2022 ke 2023, biasanya banyak Kawula Muda yang menyiapkan daftar resolusi di tahun baru agar hal-hal yang belum tercapai di tahun ini bisa tercapai di tahun depan. Tapi sebelum berangkat ke sana, enggak ada salahnya juga untuk flashback sejenak ke kejadian apa saja yang terjadi di tahun 2022 ini. 

Prambors sudah rangkum, nih, kejadian-kejadian viral sepanjang 2022 dari berita lokal dan mancanegara, berita seputar entertainment dan musik, enggak lupa juga berita di bidang olahraga dan gaya hidup dalam kaleidoskop 2022.

Ada apa saja sih yang viral sepanjang tahun ini? Simak rangkumannya di bawah ini!

1. New Normal Indonesia, Kembalinya Festival Musik Offline

Pasca pandemi Covid-19, Indonesia mulai memasuki era kebiasaan baru. Tahun 2022 dianggap sebagai tahun kembalinya berbagai event offline seperti, konser dan festival musik setelah hampir vakum selama dua tahun.

Tidak hanya itu, kembalinya kebijakan untuk bekerja di kantor dan penghapusan pembatasan penggunaan transportasi umum juga membuat masyarakat kembali beradaptasi dengan mobilitas dan bermacet-macetan, nih.

2. Drama Persidangan Amber Johnny 

Dalam dunia entertainment dihebohkan oleh kasus perceraian Johnny Depp dengan Amber Heard yang penuh drama. Sidang perceraian bintang Hollywood ini dimulai dari essay Amber Heard yang mengaku jadi korban KDRT. 

Persidangan berjalan dengan cukup panjang dan menyita perhatian masyarakat dari tangisan 'palsu' Amber, kotoran BAB Amber di kasur, hengkangnya Johnny dari film "Pirates of the Caribbean" dan "Fantastic Beasts". Hasil sidang pun keluar pada Juni 2022 yang dimenangkan oleh Johnny Depp. Amber pun harus membayar denda kepada mantan suaminya sebesar USD 10 juta.

3. Citayam Fashion Week

Pada pertengahan tahun 2022, ada fenomena Citayam Fashion Week (CFW) remaja yang sering berkumpul di kawasan Sudirman, Jakarta Pusat untuk nongkrong sambil pamer outfit mereka yang bergaya nyentrik!

Para remaja ini bikin konten video dan foto di zebra cross stasiun Dukuh Atas ala-ala fashion show. Kebanyakan mereka datang dari Citayam, Bogor, Depok, dan Bekasi, makanya dinamakan Citayam Fashion Week. Sudah gitu, makin ramai dengan hadirnya remaja bernama Bonge, Kurma, Jeje dan Roy sebagai pusat tren CFW karena gaya dan cara berbicara mereka.

4. Belajar Ikhlas bersama "Hati-Hati di Jalan" - Tulus

Hits terbaru Tulus dalam album Manusia, “Hati-Hati di Jalan” jadi salah satu lagu populer 2022. Lagu ini masuk ke daftar lirik lagu yang paling banyak dicari tahun ini. 

Selain itu, lagu yang menceritakan perpisahan pasangan kekasih tersebut juga kerap bertengger di puncak Spotify Wrapped Indonesia 2022.  

Uniknya, judul lagu tersebut kerap dikaitkan dengan musisi legendaris Indonesia, Titi DJ (haTi-haTi Di Jalan). Karena itu, Titi DJ pun membuat lagu balasan berjudul “To Lose” yang merupakan pelesetan dari nama Tulus. Ngadi-ngadi aja ya hehe…

5. Ingat Mantan dari "Glimpse of Us" - Joji

Salah satu lagu terbaru Joji di 2022, “Glimpse of Us” merupakan lirik lagu ketiga yang paling banyak dicari di Google tahun ini. Tak heran, lagu ini memang menjadi salah satu lagu galau yang viral di media sosial. Pendengar yang enggak galau pun jadi ikut galau.

“Glimpse of Us” menceritakan tentang resahnya seseorang yang gagal move on dari sang mantan. Walau sudah bersama seseorang yang baru, sayangnya bayang-bayang sang mantan tetap menghantuinya. 

Btw, di balik lirik yang galau, video klipnya enggak sedih sama sekali loh! 

6. BTS Hiatus 

Boyband populer asal Korea Selatan, BTS, mengumumkan akan hiatus selama beberapa waktu. Tapi tenang Army, leader grup tersebut, RM, menegaskan bahwa hiatus tersebut bukanlah akhir dari karya-karya BTS. 

BTS hiatus untuk lebih fokus ke proyek solo dari masing-masing member. Selain itu, salah satu member BTS, Jin, juga telah memulai wajib militer pada 13 Desember 2022. Semangat BTS dan ARMY!  

7. Farel Prayoga Goyang Istana

Di usianya yang baru 12 tahun, Farel Prayoga sukses tampil di Istana Negara pada perayaan HUT ke-77 RI. Musisi dangdut cilik asal Banyuwangi tersebut membawakan lagu campur sari yang berjudul “Ojo Dibandingke” karya Abah Lala.

Masyarakat umum, para menteri, RI 1 dan Ibu Negara pun larut dalam irama musik dangdut. Kerennya, walau kini sudah terkenal, Farel mengaku akan tetap fokus pada pendidikan sehingga tidak meninggalkan tanggung jawabnya untuk bersekolah loh, Kawula Muda! 

8. Justin Bieber Gagal Konser di Jakarta

Bintang pop asal Kanada, Justin Bieber, terserang Ramsey Hunt Syndrome pada Juni lalu. Sindrom ini membuat Justin enggak bisa menggerakkan setengah bagian dari wajahnya. 

Sebenarnya Justin sudah membaik, tetapi ia masih butuh waktu untuk recovery dan terpaksa membatalkan sejumlah konser tur dunianya, Justice Tour 2022. Salah satunya adalah show di Jakarta yang seharusnya berlangsung di Indonesia pada 2 dan 3 November lalu. 

Get well soon, Justin!

9. 2022 Banyak Harga yang Naik

Berawal dari kenaikan BBM dan langkanya minyak goreng di pertengahan tahun, tahun 2022 dapat dikatakan sebagai tahun naiknya harga-harga kebutuhan pokok, Kawula Muda. Enggak cuma bensin, rokok, transportasi umum/online, dan telur ikut mengalami kenaikan.

Berbagai aksi protes hingga mencari banyak alternatif telah dilakukan masyarakat. Hal ini dinilai memberatkan mengingat naiknya harga bahan pokok ikut berdampak pada harga-harga lainnya, bahkan harga makanan warteg dan gorengan ikut naik!

10. Penembakkan Brigadir J

Kasus penembakan yang menewaskan Brigadir J pada 8 Juli 2022 lalu dipenuhi oleh kejanggalan sejak awal. Kasus tersebut ditutupi oleh eks Irjen Ferdy Sambo sebagai dalang dengan melibatkan beberapa ajudannya untuk membunuh Brigadir J. Ferdy Sambo menuduh Brigadir J sudah melecehkan istrinya, Putri Candrawathi.

Penyelidikan kasus tersebut menetapkan lima tersangka, yaitu Ferdy Sambo, Putri Candrawathi, Bharada E, Bripka RR, dan Kuat Ma'ruf. Hingga kini, persidangan kasus pembunuhan Brigadir J masih terus berlangsung dengan alot.

11. Serangan Hacker Bjorka 

Bjorka, hacker yang diduga meretas situs sistem elektronik di Indonesia awalnya menjual data pribadi WNI berupa nomor handphone hingga NIK lewat situs forum breached.to sebelum akhirnya menggunakan akun Twitter dengan nama yang sama.

Kemunculan Bjorka yang mengejutkan membuat pemerintah merasa was-was, Kawula Muda. Bjorka bahkan membocorkan data Presiden, menteri hingga dalang pembunuh Munir. Kemunculan Bjorka di bulan September lalu membuat pemerintah harus mengeluarkan dana sebesar Rp 624 miliar untuk menghadang hacker yang konon katanya tidak berbasis di Indonesia ini.

12. MOTO GP Mandalika 

MotoGP Mandalika yang digelar di Sirkuit Mandalika jadi ajang raih gelar sampai liburan para riders mancanegara di Indonesia, loh

Sebut saja Stefano Nepa naik vespa bersama anak kecil, Aleix Espagaro yang dibuat heran dengan adanya penjual bensin eceran, Fonsi Nieto dan Xavi Fores yang kena 'macet' karena rombongan kerbau, Quartararo dan Aleix Rins sempat kepergok beli pulsa, Kolam pendingin bertema anak-anak milik Marcel Schrotter, hingga Pol Espargaro dibuat salah fokus dengan adanya kapal nelayan di pantai yang dibalut livery ala tim Repsol Honda.

13. Tragedi Kanjuruhan 

Tragedi Kanjuruhan bermula dari kemenangan Persebaya vs Arema dengan skor 3-2 pada 1 Oktober 2022. Selesai laga, suporter Arema masuk ke lapangan. Semakin lama, keadaan semakin tidak kondusif karena suporter terus masuk.

Untuk membubarkan kerumunan, polisi pun keluarkan gas air mata. Namun sayang, semburan itu diarahkan pula ke penonton yang berada di tribune. Banyak juga korban yang jatuh karena kehabisan oksigen dan berdesakkan keluar stadion. Kasus ini pun berakhir dengan memakan lebih dari 130 korban jiwa. Akhirnya, Kapolres Malang AKBP Ferli Hidayat dicopot dari jabatannya. 

14. Pasal Penuh Pro-Kontra KUHP

Pemerintah banyak memberikan revisi sampai peraturan baru di KUHP. Tentunya regulasi ini jadi perbincangan pro-kontra masyarakat.

Mulai dari pasal ‘kumpul kebo’ pidana hukuman mati, larangan penghinaan terhadap pemerintah, pengurangan pidana koruptor hingga aturan demonstrasi. Meski banyak yang menentang, RKUHP telah disahkan menjadi Kitab Undang-Undang Hukum Pidana oleh DPR RI, pada 6 Desember 2022. Sampai saat ini, KUHP dinilai tidak memenuhi syarat karena kurang melibatkan rakyat sehingga cacat formil dalam penyusunannya.

15. Piala Dunia 2022

Dan kita memasuki yang paling seru dan dinanti-nanti di 2022, FIFA World Cup!

Walaupun awalnya banyak kontroversi dan dinilai sebelah mata karena pertama kali dihelat di negara muslim, Qatar, ternyata banyak sejarah terjadi salah satunya kemenangan timnas Argentina yang dipimpin oleh GOAT Lionel Messi.

Saat pertandingan terselenggara, ada berbagai hal yang dilirik publik dalam Piala Dunia kali ini. Berbagai kontroversi hadir mulai dari tudingan pelanggaran HAM pada persiapannya sampai Qatar sebagai negara muslim yang menentang kaum lesbian, gay, biseksual, dan transgender (LGBT) ditentang balik oleh beberapa negara naungan FIFA.

Berita Lainnya