Kemenkes Sebut Dua Pasien Omicron Indonesia yang Meninggal Dunia Miliki Komorbid

Stay safe ya, Kawula Muda!

Varian baru Omicron asal Afrika Selatan mulai menyebar. (NBC BOSTON)
Tue, 25 Jan 2022

Kemenkes sebut dua pasien Covid-19 varian Omicron yang meninggal dunia miliki komorbid. Kedua pasien tersebut meninggal di RS Sari Asih Ciputat dan RSPI Sulianti Saroso.

“Satu kasus merupakan transmisi lokal, meninggal di RS Sari Asih Ciputat, dan satu lagi merupakan pelaku perjalanan luar negeri, meninggal di RSPI Sulianti Saroso,” tutur juru bicara Kementerian Kesehatan, dr Siti Nadia Tarmizi pada Sabtu (22/01/2022) dikutip dari laman resmi Kemkes. 

Dua kasus tersebut merupakan pelaporan kematian pertama di Indonesia yang diakibatkan oleh varian terbaru Covid-19 yakni Omicron. Varian Omicron ditemukan memiliki daya tular yang lebih tinggi bila dibandingkan varian lainnya.

Sementara itu, kasus Omicron di Indonesia semakin bertambah. Mayoritas transmisi Omicron ditemukan dari Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN). 

“Dari 1,626 yang meninggal ada 2, lalu yang bergejala ringan (ada) 117, sisanya tidak bergejala,” tutur Nadia pada Senin (24/01/2022) dikutip dari laman Liputan6.

Berdasarkan data, DKI Jakarta menjadi provinsi dengan kasus Omicron terbanyak. 

Walaupun begitu, Menteri koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, mengatakan pemerintah tetap memiliki kendali penuh dalam menghadapi varian Omicron tersebut. 

“Sejak varian Omicron ditemukan satu bulan yang lalu di Indonesia, hari ini belum terlihat tanda-tanda kenaikan kasus yang cukup eksponensial seperti yang terjadi di belahan negara yang lain. Saat ini juga posisi bed occupancy ratio (BOR) di Jawa-Bali jauh lebih baik bila dibandingkan dengan awal kenaikan varian Delta sehingga memberikan ruang yang lebar sebelum mencapai batas mengkhawatirkan 60 persen,” tutur Luhut pada Senin (24/02/2022) dalam keterangan pers virtual terkait Evaluasi PPKM dikutip dari Kompas.

Berita Lainnya