Keren! Tak Hanya Rupiah, Peruri Juga Dipercaya Cetak Uang Negara Lain

Hai Kawula Muda, kemampuan peruri ternyata diakui negara lain!

Mata uang Republik Indonesia, Rupiah. (PERURI)
Tue, 03 May 2022

Sudah menjadi kebiasaan masyarakat muslim Indonesia menukar uang baru untuk lebaran. Bank Indonesia (BI) pun selalu mempersiapkan diri untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan uang baru tersebut.

Tahun ini BI menyiapkan Rp 152,14 triliun uang kartal baru untuk ditukarkan pada periode Ramadan dan idul fitri.

Ketersediaan uang kartal baru tersebut, tidak lepas dari peran Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia (PERUM PERURI) sebagai perusahaan yang ditugaskan untuk mencetak uang kartal dan uang giral di Indonesia.

Tidak hanya cetak rupiah

Selain mencetak rupiah, Peruri ternyata telah melakukan ekspansi bisnisnya ke berbagai negara, khususnya Afrika Selatan, Asia Tenggara, dan Asia Selatan.

Berikut ini beberapa negara yang mencetak uangnya di Peruri.

1. Malaysia

Sejak tahun 2010, Peruri telah menjalin kerja sama dengan Malaysia untuk mencetak uang Ringgit. Selain mencetak uang, Peruri juga membantu Malaysia dalam mencetak paspor.

2. Nepal

Mata uang Nepal. (BANKNOTES.COM)

 

Kerjasama Peruri dan Nepal telah terjalin sejak 2007. Permintaan akan percetakan mata uang terbanyak dilakukan Nepal pada 2017.

3. Bangladesh

Selain Malaysia, sejak tahun 2011 Peruri juga telah menjalin kerjasama untuk mencetak mata uang Bangladesh.

4. Sri Lanka

Masih pada tahun yang sama, yaitu 2011, Peruri juga menjalin kerjasama dalam pencetakan mata uang Rupee Sri Lanka.

5. Peru

Pada 2020 Peruri berhasil memenangkan tender untuk mencetak mata uang Peru, nuevo sol. Pecahan mata uang yang dicetak oleh Peruri adalah 10, 20, dan 50 nuevo sol dengan jumlah sekitar 520 juta lembar.

6. Thailand

Mata uang Thailand. (NVMVS.COM)

 

Meskipun tidak ada informasi mengenai waktu terjalinnya kerjasama Peruri dengan Thailand,  tetapi ternyata Thailand pernah mempercayakan pencetakan mata uang Baht pada Peruri.

Kebanggaan Indonesia

Selayaknya, kita patut bangga dengan Peruri yang merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dengan kemampuan yang diakui dunia.

Mencetak mata uang bukanlah perkara mudah, perlu memperhatikan sejumlah aspek penting di antaranya tingkat keamanan serta kualitas dari uang yang dicetaknya.

Untuk mendukung semua itu, Peruri mempunyai kompetensi sumber daya manusia yang mumpuni untuk mencetak uang, mempunyai mesin yang sangat canggih di area produksi seluas 202 hektar di Karawang, Jawa Barat.

Berita Lainnya