Kim Jong Un Pernah Palsukan Paspor Demi Bisa ke Disneyland Jepang

Ayah, dan kakaknya juga pernah pakai paspor palsu, nih.

Kim Jong Un pernah menggunakan paspor palsu untuk mengunjungi Disneyland Jepang (NEW YORK POST)
Tue, 16 May 2023


Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un ternyata pernah menggunakan paspor palsu saat ia berkunjung ke Jepang bersama, Kim Jong II.

Kala itu, Kim Jong Un berkunjung ke Tokyo Disneyland, Jepang. Mereka berdua menggunakan paspor Brasil untuk mengajukan visa ke negara-negara Barat pada 1990-an dan Tokyo Disneyland pada 1991.

Mengutip dari laman Kompas, Selasa (16/05/2023), Kim Jong Un menggunakan dokumen palsu namun tetap tidak mengubah wajah asli di dalam paspor.

"Mereka menggunakan paspor Brasil, yang dengan jelas menunjukkan foto-foto Kim Jong Un dan Kim Jong Il, untuk mencoba mendapatkan visa dari kedutaan asing," kata seorang petugas keamanan senior.

Kim Jong Un pernah menggunakan paspor palsu untuk mengunjungi Disneyland Jepang (CNN INDONESIA)

Sumber itu kemudian berkata, "Ini menunjukkan keinginan mereka untuk bepergian dan menyoroti upaya keluarga penguasa untuk membangun rute pelarian diri yang memungkinkan."

Namun, dikutip dari CNN Indonesia, seorang sumber lain mengatakan kedua paspor, baik milik Kim Jong Un atau sang ayah, adalah paspor asli. Kedua dokumen itu dibiarkan kosong untuk kemudian diisi oleh kantor kekonsuleran.

Empat pejabat keamanan senior Eropa Barat juga mengonfirmasi paspor Brasil itu sempat digunakan untuk membuat visa di setidaknya dua negara Barat.

Dilansir dari Express UK, visa Jepang untuk kunjungan mereka diperoleh di Wina, Austria. Kim Jong Un menggunakan nama palsu Joseph Pak. Kedua anak itu ditemani hampir 10 orang dewasa selama perjalanan.

Beberapa hari setelah Jong Un dan Jong Chul sampai, ibunda mereka, Ko Yong Hi, dilaporkan tiba di Jepang untuk menyusul anak-anaknya. Sepekan berlalu, mereka baru keluar dari Jepang.

Dalam laman BBC, tidak hanya Kim Jong Un yang menggunakan paspor palsu untuk ke Disneyland. Kakak tirinya, Kim Jong Nam tertangkap di Bandara Internasional Narita di Tokyo saat menyelinap ke Jepang menggunakan paspor Dominika palsu atas nama Pang Xiong pada 2001.

Pihak berwenang Jepang sebenarnya sudah diberi informasi mengenal kemungkinan kedatangan Kim Jong Un saat itu. Hanya saja, ketika penyelidikan dimulai, Kim Jong Un sudah pergi dari Jepang.

Berita Lainnya