Konglomerat Indonesia Beli Mal di Singapura Senilai Rp 9,5 Triliun, Siapa?

Mahal banget ya ampun!

Konglomerat Indonesia beli Mal Tanglin di kawasan perbelanjaan Orchard Road, Singapura Rp 9,5 triliun (SHUTTERSTOCK)
Fri, 28 Apr 2023


Menggemparkan masyarakat, perusahaan milik konglomerat Indonesia, Pacific Eagle Real Estate diketahui membeli mal mewah di Singapura. Tidak tanggung-tanggung, perusahaan tersebut membeli sebuah mal di kawasan elite pusat kota Singapura, Orchard Road.

Faktanya, perusahaan tersebut milik Sukanto Tanoto, salah satu orang terkaya di Indonesia yang membeli pusat perbelanjaan di Singapura bernama Tanglin Mall senilai Rp 9,5 triliun!

Konglomerat Indonesia beli Mal Tanglin di kawasan perbelanjaan Orchard Road, Singapura Rp 9,5 triliun (UNSPLASH)

Seperti yang dikutip Kompas melalui Forbes, pembelian seharga 645 juta Dolar AS tersebut dilakukan karena Sukanto ingin melebarkan sayap investasi ritelnya di pusat keuangan Asia tersebut, Kawula Muda.

“Pusat Perbelanjaan Tanglin adalah salah satu landmark ritel paling tua di Singapura dan menempati lokasi yang sangat strategis, tepat di sebelah St. Regis Hotel di kantong Orchard Road,” kata Direktur Pacific Eagle yang berbasis di Singapura, Sun You Ning melansir Kata Data.

Perantara kesepakatan antara Tanglin Mall dan Pacific Eagle juga mengatakan, nantinya mall ini bisa dikembangkan menjadi 20 lantai.

Saat ini, Tanglin Mall yang sudah ada sejak 1970-an berdiri setinggi 12 lantai pada area seluas 68.512 meter persegi di sepanjang Jalan Tanglin dan Jalan Cuscaden di dekat Pusat Medis Camden dan Rumah Sakit Gleneagles, serta klub pribadi eksklusif seperti Klub Tanglin dan Klub Amerika, melansir Detik.

Konglomerat Indonesia beli Mal Tanglin di kawasan perbelanjaan Orchard Road, Singapura Rp 9,5 triliun (ISTOCK)

Sebagai informasi, direktur pelaksana penjualan investasi dan pasar modal di Savills Singapura, Jeremy Lake, mengatakan bahwa pusat perbelanjaan Tanglin sangat diperebutkan oleh banyak pihak.

"Daya tarik utama dari properti ini adalah menjadi situs komersial hak milik, yang memungkinkan fleksibilitas berbagai opsi pengembangan," jelas Jeremy.

Sukanto Tanoto sebagai pemilik perusahaan Pacific Eagle saat ini berada di peringkat 21 dari daftar 50 Orang Terkaya di Indonesia versi Forbes dengan kekayaan mencapai 2,1 miliar Dolar AS atau setara dengan Rp 29,6 triliun. Wow!

Berita Lainnya