Lomba Gali Kubur, Pemerintah Bogor Hadiahi Jutaan Rupiah

Kegiatan ini dilakukan untuk mengapresiasi tukang gali kubur.

Ilustrasi kuburan (UNPLASH)
Thu, 31 Mar 2022


Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor, Jawa Barat, menggelar lomba gali kubur dengan hadiah jutaan rupiah. Lokasi tempat lomba ini diadakan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) [ondok Rajeg, Cibinong, Bogor.

Nantinya, pemenang dari lomba tersebut akan mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp 5 juta.

"Esensinya bukan lomba. Tapi ingin mengangkat harkat martabat mereka sekaligus Ibu Bupati ingin mengapresiasi mereka," tutur Kepala DKPP Kabupaten Bogor, Ajat Rochmat Jatnika, melansir dari laman Detik, Kamis (31/03/2022).

Achmat mengatakan, kegiatan ini dilakukan karena mereka memilik profesi yang tersembunyi namun memiliki makna sosial yang tinggi. Maka dari itu, Pemkab ingin mengadakan acara tersebut sebagai bentuk apresiasi mereka.

Ilustrasi kuburan (UNPLASH)

"Apalagi di masa Covid-19 sedang tinggi. Mereka bisa menguburkan hingga 50 persen orang dalam sehari. Jadi harus diapresiasi," tuturnya.
Terdapat 33 penggali kubur dari berbagai TPU se-Kabupaten Bogor yang ikut serta, yaitu TPU Pondok Rajeg, TPU Bogor Asri, TPU Tajur Halang, TPU Babakan Madang, TPU Cipenjo, TPU Jonggol, TPU Rancabungur, dan TPU Gunung Putri.

Delapan petugas dari TPU tersebutlah yang hanya bisa mengikuti lomba itu. Hal ini dikarenakan, tidak semua petugas di TPU memilik jumlah petugas kubur yang mencukupi, lantaran untuk menggali satu kubur dibutuhkan 4 orang.

Aspek yang dinilai untuk menentukan pemenang adalah kecepatan, kerapian, dan ketepatan ukuran membuat lubang makam.
Melalui lomba tersebut, TPU Tajur Halang yang menjadi pemenang. Di lanjutkan oleh juara kedua yaitu TPU Jonggol.

Bupati Bogor, Ade Yasin, juga turut memberikan santunan paket sembako untuk para penggali kubur secara simbolis. Ia menyebut bahwa pekerjaan tersebut adalah profesi yang mulia.

Berita Lainnya