Makin Seru! Ada Fitur-fitur Baru di WhatsApp

Hai Kawula Muda, enggak cuma setahun, sekarang bisa mute notifikasi sampai selamanya!

Ilustrasi orang menggunakan aplikasi WhatsApp. (FREEPIK)
Mon, 26 Oct 2020

Salah satu aplikasi paling populer yang digunakan oleh banyak orang saat ini adalah WhatsApp. Aplikasi berbagi pesan ini menawarkan fasilitas untuk chatting, video call, serta berbagi gambar ataupun pesan suara.

Inovasi baru juga terus ditawarkan WhatsApp dalam fitur-fiturnya, yang membuat semakin menyenangkan para pengguna.

Berikut ini adalah 4 fitur baru WhatsApp yang baru-baru ini resmi diluncurkan.

1. Mute selamanya

Melalui akun Twitter, Jumat (23/10/2020), WhatsApp mengumumkan peluncuran fitur untuk mute selamanya.

Dengan Fitur baru itu memungkinkan pengguna untuk membisukan notifikasi di grup WhatsApp tak hanya sampai satu tahun. Dengan adanya fitur ini, pengguna bisa menonaktifkan notifikasi percakapan untuk selamanya.

Hal tersebut sebagaimana disampaikan dalam keterangan di aplikasi WhatsApp terbaru versi 2.20.201.23 yang tersedia di playstrore.

Untuk menggunakannya, pengguna cukup mengeklik ikon titik tiga pada percakapan yang ingin dibisukan, selanjutnya pilih “mute notification” setelahnya pilih “always” atau “selamanya”.

2. Cari file secara spesifik

Sebelumnya, WhatsApp juga telah merilis fitur barunya yang memungkinkan pengguna dapat mencari file secara spesifik berdasarkan jenis file-nya.

“Kami telah mempermudah Anda untuk menelusuri kategori file yang ingin dicari seperti foto, GIF, tautan, video, dokumen, hingga audio di aplikasi WhatsApp,” tulis WhatsApp di akun Twitternya, Jumat (9/10/2020).

Nantinya, dengan fitur yang telah hadir mulai di WhatsApp android versi 2.20.200.22 ini, pemilih juga bisa mengakses pencarian di WhatsApp dengan mencari lebih spesifik dari siapa file tersebut dikirim dengan mengetikkan nama kontak yang ada di samping file.

3. Pesan WhatsApp bisa langsung dicari di Google

Tak kalah menarik, WhatsApp juga meluncurkan fitur baru untuk para pengguna mencari kebenaran suatu informasi dengan nama fitur Search the Web.

Dengan adanya fitur baru ini memungkinkan pengguna untuk mengecek informasi yang telah diteruskan berkali-kali melalui penelusuran mesin pencari.

Untuk menggunakan aplikasi ini caranya cukup mudah, yakni pengguna hanya tinggal mengeklik ikon kaca pembesar di sisi kanan pesan yang di-forward.

4. Video call 50 orang

Sejak Mei 2020, pengguna WhatsApp sudah bisa melakukan panggilan video dengan 50 orang peserta melalui Messenger Rooms.

Fitur ini tersedia bagi WhatsApp versi web yang dapat diakses melalui aplikasi web WhatsApp.com dan aplikasi WhatsApp desktop.

Melansir Kompas.com (9/8/2020), untuk membuat panggilan video pengguna dapat memilih menu titik tiga di kanan atas kemudian klik menu “Create a Room”.

Usai diklik, layer akan menampilkan pop-up pemberitahuan untuk melanjutkan ke halaman messenger. Setelahnya pengguna dapat memilih opsi “Lanjutkan dengan Messenger” guna memulai panggilan video.

Nantinya pengguna akan dibawa ke halaman baru untuk login Facebook. Masukkan email dan kata sandi Facebook. Setelahnya, pengguna akan ditunjukkan ke halaman yang menyediakan link khusus yang dapat disalin untuk mengundang pengguna lain.

Nah, kalian sudah coba fitur baru yang mana saja nih?

Berita Lainnya