Megawati Kenal Vladimir Putin: Dia Bisa Habisi Ukraina dalam Semalam

Masa iya?

Megawati Soekarnoputri (ANTARA/rizal hanafi)
Wed, 23 Aug 2023

Megawati Soekarnoputri mengklaim bahwa dirinya mengenal Presiden Rusia, Vladimir Putin. Menurutnya, Putin mampu menaklukkan Ukraina hanya dalam waktu satu hari saja.

Hal itu disampaikan oleh Megawati langsung di hadapan relawan Ganjar Pranowo saat di Yogyakarta pada Selasa (22/08/2023).

"Rusia dengan Ukraina, bayangin, ini sudah berapa bulan ya, ada mau setahun? Kalau dia (Putin) mau habisi Ukraina itu satu hari, dang! Tapi kan enggak (dilakukan),” ujar Megawati dilansir dari CNN Indonesia.

Diketahui, Megawati mengaku sudah lama kenal Vladimir Putin sebelum menjadi Presiden Rusia, sejak saat Vladimir Putin masih bekerja di wali kota.

"Saya tuh bukannya sombong, saya kenal Putin dari dia Sekretaris Wali Kota Saint Petersburg," ungkap Megawati.

Megawati bersama Jokowi dan Ganjar Pranowo (TWITTER/detikcom)

 

Selain itu, dirinya juga mengungkapkan terkait Putin yang tidak terima dengan sikap Ukraina yang lebih memilih untuk meminta bantuan kepada NATO sehingga membuahi peperangan. Diketahui, wilayah Ukraina itu menjadi salah satu pintu masuk Eropa ke Rusia.

Perang yang terjadi antara Rusia dan Ukraina pun sudah dimulai sejak bulan Februari 2022 lalu, dengan Vladimir Putin yang mengirim pasukan tentaranya ke wilayah Ukraina terlebih dahulu dengan pendeklarasian operasi militer lewat televisi pemerintah Rusia.

Ukraina pun diberi bantuan senjata serta amunisi dari negara-negara barat untuk menahan serangan tentara Rusia. Berbulan-bulan bahkan setahun lebih perang terus berkecamuk di sejumlah daerah di Ukraina.

Berdasarkan peristiwa itu, Megawati meminta Indonesia bercermin atas perang di Rusia dan Ukraina, agar menghindari konflik dan menjadi negara terbesar di Asia Tenggara untuk terus bersatu. Bahkan, Megawati juga menyampaikan kepada pemimpin negara ASEAN bahwa semua anggotanya, termasuk Indonesia adalah saudara.

"Karena kita paling gede, kebayang enggak kalau kita terpecah belah? Namanya ASEAN itu, Myanmar aja (konflik) enggak selesai, ini geopolitik, yang harus kita tahu sebagai bangsa Indonesia," ucap Megawati.

Berita Lainnya