Mobil Terbang China Test Drive Perdana di Langit Dubai

Hai Kawula Muda, gimana ya rasanya naik mobil terbang?

Mobil Terbang buatan China benama X2, uji terbang di langit Dubai. (TWITTER)
Wed, 19 Oct 2022


Sebuah perusahaan pembuat kendaraan elektronik China, Xpeng Inc, memproduksi mobil terbang yang telah berhasil melakukan penerbangan publik pertamanya di Dubai pada Senin, 10 Oktober 2022.

Mobil terbang yang dinamai X2 itu memiliki dua tempat duduk dan dapat terbang ke udara secara vertikal dan mendarat secara vertikal juga.

Dilengkapi dengan delapan baling-baling yang dipasang pada dua bagian sudut kendaraan, X2 berhasil melakukan test drive selama 90 menit tanpa awak.

Manajer umum Xpeng Aeroht, Minguan Qiu mengatakan, Dubai dipilih karena merupakan kota yang paling inovatif di dunia. Dan penerbangan perdana X2 di Dubai akan menjadi bagian dari langkah demi langkah menuju pasar internasional.

Dengan kecepatan tertinggi 130 kilometer per jam, kendaraan ini pada prinsipnya akan menawarkan perjalanan pribadi yang cepat dari satu titik ke titik lainnya.


Masih hadapi tantangan besar

Mobil Terbang buatan China benama X2, uji terbang di langit Dubai. (REUTERS)


Suatu hari nanti, kendaraan tanpa pilot ini bisa mengangkut penumpang melintasi kota tinggi di atas jalan raya yang padat. Namun, mereka masih menghadapi tantangan besar termasuk masa pakai baterai, kontrol dan keselamatan lalu lintas udara, serta masalah infrastruktur.

X2 merupakan salah satu dari lusinan proyek mobil terbang di seluruh dunia. Hanya segelintir yang berhasil diuji dengan penumpang di dalamnya, dan kemungkinan akan butuh bertahun-tahun sebelum ada yang dioperasikan.

Terobosan juga dilakukan oleh Sony dan Honda, yang mengumumkan kalau mobil listrik pertama yang mereka produksi bersama akan siap untuk para pelanggan pada 2026 mendatang.

Pasar Amerika akan menjadi yang pertama bisa mendapatkan produk electric vehicle (EV) premium itu, sementara pasar di Jepang menyusul pada akhir 2026.

Meski masih uji coba, tapi yang pasti, kalau mobil terbang sudah beroperasi, kita enggak perlu kuatir macet lagi ya Kawula Muda.


Berita Lainnya