Patung 'Jokowi Naik Motor' Karya Nyoman Nuarta akan Dipajang di Sirkuit Mandalika

Nantinya patung ini akan diletakkan di Sirkuit Mandalika, loh!

Patung Jokowi Naik Motor karya Nyoman Nuarta (INSTAGRAM/nyoman_nuarta)
Fri, 11 Feb 2022

Nyoman Nuarta sudah tak asing lagi di telinga publik sejak ingin membuat patung Presiden Joko Widodo yang rencananya akan dipajang di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat.

Seniman Nyoman ini ingin membuat patung sang pak presiden yang sedang menaiki sepeda motor.

Presiden Jokowi menyampaikan informasi terkait perpanjangan PPKM Level 4. (YOUTUBE/SEKRETARIAT PRESIDEN)

 

Ide ini berawal dari ia mendapat telepon dari Dirjen PU yang menginginkan patung bertema Jokowi mengendarai motor.

Nyoman pun merasa antusias karena belum ada patung yang bergambar seperti itu.

"Saya antusiasnya begini, jarang-jarang Presiden naik motor, yang ada kan naik mobil. Jadi semangat juga karena unik Presiden kita ini, kayak koboi, jadi saya senang," ujarnya, mengutip pada Detik, Jumat (11/02/22).

Lelaki itu bercerita bahwa ide pembuatan patung didapatkan dari obrolan dengan seorang menteri. Mereka membahas mengenai sirkuit Mandalika, di mana Jokowi pernah berkendara di sana.

Alasan inilah yang membuat patung tersebut akan ditempatkan di Sirkuit Mandalika nantinya.

"Presiden naik motor itu unik banget, saya belum pernah dengar, tuh. Di Amerika ada Presiden naik kuda, kalau naik motor kayaknya baru Presiden kita nih," tutur Nyoman.

Nyoman mengatakan bahwa jika patung itu tidak dipakai atau dipakai, tidak menjadi masalah. Nyoman sudah cukup senang dalam membuatnya dengan tulus.

Untuk pengerjaan patung dikerjakan secara cepat.  Kini sudah rampung 75 persen dalam waktu tiga minggu. Nyoman menyebut sudah terbiasa dalam bekerja cepat membuat patung, maka dari itu jika hasil patung ini jelek, tidak dipakai tidak menjadi masalah.

Berita Lainnya