Pembelian Pulau Lantigiang Viral di Media Sosial

Kawula Muda, gimana perasaan kalian kalo punya pulau sendiri?

Pulau Lantigiang di Selayar, Sulawesi Selatan. (INSTAGRAM/agungrizki90)
Mon, 01 Feb 2021

Indonesia adalah negara kepulauan dan menurut klaim pemerintah terdapat 17.000 pulau di negara ini.

Saat ini warganet tengah ramai membicarakan sebuah pulau yang terdapat di Taman Nasional Taka Bonerate, Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan.

Pulau ini bernama Lantigiang dan dijual oleh seseorang bernama Syamsu Alam. Penjual mengklaim bahwa pulau ini sudah sejak dulu merupakan peninggalan kakeknya, Dorra.

Masyarakat di sekitar Pulau Lantigiang juga memahami bila sejak dulu keluarga Syamsu memiliki kebun kelapa di sana. Oleh karena itu, pihaknya merasa tidak salah untuk menjual pulau ini seharga Rp 900 juta.

Pembeli dari pulau ini bernama Asdianti yang berasal dari daerah yang sama dengan keberadaan pulau ini, Selayar.

Asdianti juga mendapatkan rekomendasi Pulau Lantigiang atas pertimbangan Taman Nasional Taka Bonerate yang telah membagi kepulauan tersebut ke dalam beberapa zona.

Pada Taman Nasional tersebut, pulau ini termasuk ke dalam zona pemanfaatan sehingga Pulau Lantigiang dinilai masih bisa untuk dibangun sebuah bangunan karena Asdianti hendak membangun water bungalow di pulau tersebut.

Pembeli berkata bahwa sebelumnya pihaknya sudah berkonsultasi dengan pihak Taman Nasional untuk proses pembelian ini. 

Pada penjelasan lebih lanjut, Asdianti memaparkan pihaknya tidak membeli pulau tersebut melainkan membeli tanah dari pulau tidak berpenghuni itu.

Sejauh ini, pihak Polres Selayar tengah memeriksa kasus pembelian pulau ini dengan mengumpulkan bukti-bukti terkait perdagangan pulau di wilayah Taman Nasional ini.

  • EDITORIAL TEAM:

Berita Lainnya