Pemimpin Buddha Tibet Dalai Lama Minta Maaf Usai Cium Bocah Laki-Laki

Duh :(

Dalai Lama meminta maaf setelah meminta bocah laki-laki menghisap lidahnya dan menciumnya (AP NEWS)
Tue, 11 Apr 2023


Pemimpin spiritual Buddha Tibet, Dalai Lama, telah meminta maaf setelah ia meminta seorang bocah laki-laki mengisap lidahhnya dan mencium anak itu di depan publik.

"Ingin meminta maaf kepada bocah itu dan keluarganya, serta banyak temannya di seluruh dunia, atas luka yang mungkin disebabkan oleh kata-katanya," kata kantor Dalai Lama, mengutip dari laman CNN, Selasa (11/04/2023).

"Yang Mulia sering menggoda orang yang dia temui dengan cara yang polos dan lucu, bahkan di depan umum dan di depan kamera. Dia menyesali kejadian itu," lanjut pernyataan itu.

Dalam pernyataan juga menyebut, bahwa bocah itu bertanya kepada Dalai Lama apakah ia bisa memeluk sang pemimpin agama tersebut atau tidak.

Dilihat dari video yang beredar di media sosial, bocah laki-laki berbaju kuning itu mulanya berdiri di depan Dalai Lama. Kemudian, Dalai Lama meminta bocah itu untuk mendekat, dan kemudian memeluknya.

Mereka terlihat berbincang, yang tak lama Dalai Lama memegang tangan bocah dan menyodorkan bibirnya seolah ingin meminta ciuman. Dalai Lama kemudian mencium bibir bocah tersebut dan menjulurkan lidahnya seperti meminta dihisap.

Dalai Lama meminta maaf setelah meminta bocah laki-laki menghisap lidahnya dan menciumnya (AP NEWS)

Mengutip The Guardian, kejadian tersebut berlangsung pada akhir Februari lalu di vihara Dalai Lama di Dharamshala. Acara dihadiri oleh sekitar 100 pelajar muda yang baru lulus dari Yayasan M3M India.

Viralnya tindakan Dalai Lama ini menuai kritik dari warganet di Twitter yang menyebut insiden itu 'menjijikkan' dan 'benar-benar memuakkan'.

"Apa-apaan ini? Lalu kenapa orang-orang di sana malah bertepuk tangan?"

"Menjijikkan, tidak seharusnya dia seperti itu"

"Kemana orang tua anak itu? Kenapa anak itu diizinkan naik ke atas panggung?"

"Aku tidak bisa melihat ini"

Berita Lainnya