Penjelasan Taman Sesame Street Usai Diduga Rasis ke Pengunjung Anak Berkulit Hitam

Jadinya, banyak warganet yang kesal juga, nih.

Sesame Place (SESAMEPLACE.COM)
Fri, 22 Jul 2022


Taman hiburan Sesame Street heboh lantaran sebuah video yang memperlihatkan maskot kartun itu menolak lambaian dan salam dari anak perempuan berkulit hitam saat parade yang dilaksanakan di Sesame Place, Langhorne, di Pennsylvania.

Video tersebut diunggah oleh Jodi Brown di akun Instagram, yang merupakan ibu dari anak tersebut, pada Sabtu, 16 Juli 2022.

"Orang YANG MENJIJIKKAN memberikan pelukan ke anak di sebelah kami, sedangkan kami tidak. Saat aku protes, mereka malah melihatku seperti aku orang gila," tulisnya.

Di video, maskot Rosita yang ada di dalam kartun Sesame Street membalas beberapa salam dari anak kecil berkulit putih namun tidak ke anak perempuan kulit hitam.

Anak itu sedari tadi sudah membentangkan tangannya, berharap bisa mendapatkan pelukan dari si kartun kesayangannya.

"Aku tidak akan pernah menginjakkan kaki lagi di @Sesameplace," lanjutnya dan menandai akun resmi taman hiburan tersebut.

Seorang anak kecil berkulit hitam yang ditolak berpelukan oleh maskot Sesame Street di Sesame Place, Philadelphia (INSTAGRAM/_jodiii_)

 

Pernyataan pihak Sesame Place

Sehari setelah unggahan Jodi, Minggu, 17 Juli 2022, pihak Sesame Place mengatakan taman dan karyawan yang ada di sana berdiri untuk "inklusivitas dan kesetaraan dalam segala bentuk."

Katanya, karyawan yang mengenakan kostum karakter tertentu melewatkan permintaan pelukan karena kostumnya menyulitkan untuk melihat mereka yang ada di dalam kostum.

“Karakter Rosita mengabaikan gadis-gadis itu secara tidak sengaja dan merasa sedih dengan kesalahpahaman yang terjadi,” terang mereka.

Kemudian, Sesame Place mengeluarkan pernyataan kedua pada Senin, 18 Juli 2022 dengan sekali lagi meminta maaf dan berjanji akan mengambil tindakan untuk berbuat lebih baik.

Walau demikian, warganet di sana ramai-ramai menyampaikan kemarahan mereka di media sosial.

Berita Lainnya