Penyelam Ditelan Paus Bungkuk

Rasanya kayak scene Dory dan Marlin di Finding Nemo kali yah?

Paus Bungkuk (Megaptera novaeangliae) (UNSPLASH)
Wed, 16 Jun 2021

Kejadian ini menimpa Michael Packard (56 tahun) di Cape Cod, sebuah tanjung di Massachusetts. Kejadian ini menjadi viral setelah kabar penyelam tersebut dimuntahkan oleh paus bungkuk (humpback whale) tersebar.

Sebelum sadar kalau sempat "dimakan" oleh paus, ia berpikir bahwa dia diserang oleh hiu putih besar ketika di kedalaman 45 kaki, atau 14 meter.

“Tiba-tiba saya merasakan benjolan besar, dan semuanya menjadi gelap,” ucap Packard seperti dikutip dari Kompas.

Ketika ditelan, Packard menyadari bahwa tidak ada gigi tajam yang ada di sekitarnya. Ia juga tidak merasakan sakit, yang seharusnya tidak wajar jika diserang dan dimakan oleh hiu besar putih.

“Kemudian saya menyadari bahwa saya berada di mulut ikan paus… dan dia mencoba menelan saya,” kata Packard, Sabtu (12/06/2021) kepada Al Jazeera.

Selama di dalam mulut paus, beruntung Packard memiliki tabung oksigen sebagai alat bantu pernapasannya.

Kurang lebih, dia berada selama 30 detik di dalam mulut paus bungkuk ini. Packard tidak bisa berhenti memikirkan istri dan kedua anaknya saat di dalam.

Tak lama kemudian, sang paus muncul ke permukaan untuk memuntahkan Packard dari dalam mulutnya. Dengan segera, kru kapal langsung menyelamatkannya.

Namun, Packard mengaku tidak terlalu ingat bagaimana bisa keluar dari paus. Ia hanya menyadari dirinya sudah di permukaan ketika sadar.

Jooke Robbins, direktur studi paus bungkuk di Pusat Studi Pesisir di kota Provincetown, Massachusetts, menyatakan alasan Packard tidak ditelan oleh sang paus.

 Walaupun paus memiliki mulut yang besar, tenggorokannya hanya mampu menelan ikan-ikan ataupun krill (sejenis crustacea, mirip udang). Hal inilah yang menyebabkan Packard tidak ditelan hidup-hidup oleh sang paus.

Berita Lainnya