Peraturan Baru, Wanita Arab Tidak Wajib Pakai Hijab

Gara-gara ini, banyak wanita di Arab yang potong rambutnya jadi pendek, nih!

Ilustrasi wanita Arab Saudi (UNPLASH)
Mon, 27 Jun 2022


Ada peraturan baru dari Arab Saudi, nih Kawula Muda. Kini, warga perempuan sudah tidak harus mengharuskan mereka mengenakan hijab di tempat umum.

Putra Mahkota Saudi, Pangeran Mohammed bin Salman (MBS), sudah mengumumkan hal tersebut. Adanya peraturan ini, membuat banyak wanita beramai-ramai potong rambut mereka yang panjang menjadi sangat pendek. Tren ini terlihat dari jalanan ibu kota Riyadh.

Ilustrasi wanita Arab Saudi (iStock)

 

Melansir dari berbagai sumber, seorang dokter dengan nama samaran Safi, mengaku mengubah penampilannya dengan memotong rambutnya yang panjang menjadi sangat pendek. Menurutnya, potongan seperti itu menjadi perlindungan bagi dirinya.

"Orang lain lebih suka melihat feminitas dalam penampilan wanita. Gaya ini menjadi semacam perisai yang melindungi saya dari orang-orang dan memberikan saya kekuatan," tuturnya.

Potongan rambut itu yang disebut dengan 'boys cut' meningkat pesat sampai mencapai 78 konsumen dan 30-nya memilih gaya tersebut, Kawula Muda!

Selain aturan hijab, Arab Saudi juga sudah melonggarkan aturan perwalian, bahwa wanita kini sudah bisa mendapatkan paspor dan bepergian ke luar negeri tanpa izin kerabat laki-laki.

Adanya peraturan baru ini, merupakan satu perubahan yang dilakukan MBS untuk mereformasi kehidupan wanita Arab Saudi.

Berita Lainnya