Pertama di Dunia, Masjid Istiqlal Dianugerahi sebagai Rumah Ibadah Ramah Lingkungan

Kawula Muda, Istiqlal menjadi tempat ibadah yang mendapatkan sertifikat final dari EDGE dan IFC.

Pencahayaan Masjid Istiqlal. (SIQNIFY)
Fri, 08 Apr 2022


Masjid Istiqlal Jakarta mendapat penghargaan sebagai ‘Green Mosque’ atau rumah ibadah ramah lingkungan pertama di dunia dari International Finance Corporation (IFC), sebuah institusi yang dibawahi Grup Bank Dunia (WBG).

Masjid Istiqlal dinilai mampu menurunkan jejak karbon secara signifikan. Masjid ini juga menjadi tempat ibadah pertama di dunia yang mendapat sertifikat final dari Excellence in Design for Greater Efficiencies (EDGE), atau sistem sertifikasi bangunan hijau yang dikembangkan IFC.

“Kami sangat terharu karena pada hari ini kita mendapatkan apresiasi, bukan (dan institusi) lokal tapi internasional,” ujar Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar yang dilansir Kompas, Rabu (6/4/2022).

Nasaruddin mengungkapkan, sejumlah sisi Masjid Istiqlal telah menjalani renovasi yang sejalan dengan konsep bangunan hijau yang ramah lingkungan. Bagian internal dan eksternal Masjid Istiqlal telah menggunakan pencahayaan hemat energi. Bangunan tersebut juga dilengkapi panel surya yang mampu mencukupi 13 persen kebutuhan listrik.

Nasaruddin mengaku, renovasi dilakukan semata-mata untuk menciptakan kenyamanan bagi jemaah.

“Kami tidak bekerja untuk mendapat penghargaan, terserah ada penghargaan atau tidak yang jelas kami berbuat untuk kemaslahatan umat dan masyarakat,” jelasnya.

Sementara itu, Kedua Green Building Council (GBC) Indonesia Iwan Prijanto berharap agar konsep bangunan ramah lingkungan ini dapat ditiru oleh pengembang bangunan lainnya di Indonesia.

“Kami berharap dapat melihat inisiatif ini direplikasi sebagai bagian dari upaya kolektif melindungi lingkungan, dan berkontribusi pada masa depan yang lebih berkelanjutan,” kata Iwan.

Berita Lainnya