Presiden Ukraina Ucapkan Terima Kasih kepada Joko Widodo

Semoga perdamaian dapat segera terwujud ya, Kawula Muda!

Jokowi bertemu dengan Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy (TWITTER/JOKO WIDODO)
Thu, 30 Jun 2022


Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, ungkapkan terima kasih atas kehadiran Presiden Indonesia, Joko Widodo ke Ukraina.

“Terima kasih atas kehadiran Presiden Jokowi yang merupakan kunjungan pertama pemimpin Asia (ke Ukraina) sejak invasi melanda Ukraina,” tutur Zelenskyy dalam pernyataan persnya di Istana Mariyinsky, Kyiv, Ukraina pada Rabu (29/06/2022) mengutip Kompas. 

Jokowi bertemu dengan Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy (TWITTER/JOKO WIDODO)

 

Ia pun menyatakan mengundang Indonesia untuk turut serta dalam rekonstruksi Ukraina pasca perang dengan Rusia. 

Sebelumnya, Presiden Jokowi memang mengunjungi Istana Mariyinsky di Kyiv untuk bertemu Presiden Volodymyr Zelenskyy. Adapun terdapat empat hasil dari pertemuan tersebut. 

Pertama, Indonesia mengakui tengah mendorong dialog perdamaian antara Ukraina dengan Rusia. 

“Meskipun sangat sulit untuk dicapai, saya menyampaikan pentingnya resolusi perdamaian,” tutur Jokowi segera setelah pertemuan tersebut mengutip CNNIndonesia. 

Kedua, Jokowi mengatakan bahwa ia juga menawarkan diri sebagai ‘pembawa pesan’ untuk Presiden Rusia, Vladimir Putin. Hal tersebut mengingat Jokowi yang memiliki janji temu dengan Putin segera setelah dialog dengan pimpinan Ukraina tersebut. 

Ketiga, Jokowi mengundang Zelenskyy untuk turut hadir dalam pertemuan puncak Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang akan diselenggarakan di Bali pada November mendatang. 

Kendati demikian, Zelensky mengatakan akan mempertimbangkan kehadirannya berdasarkan tamu yang akan hadir pada pertemuan tersebut. 

Kemudian, keempat, Jokowi dan Zelensky juga membicarakan mengenai kenaikan harga pangan hingga energi global. 

Pangan dan energi memang menjadi permasalahan semenjak invasi yang dilakukan oleh Rusia. Hal tersebut mengingat Ukraina sebagai pemasok gandum terbesar bagi Indonesia.

Berita Lainnya