Pria Ini Jadi Pasien Covid-19 Selama 549 Hari dan Habiskan Biaya Ditanggung Sendiri Hingga Rp 14 M

Hai Kawula Muda, jaga terus prokesnya ya!

Donnell Hunter, pasien Covid-19 dirawat selama 549 hari. (TWITTER/CNN)
Wed, 16 Mar 2022


Terpapar sejak belum ada vaksin, Donnell Hunter menjadi pasien Covid-19 terlama dirawat di rumah sakit selama 549 hari atau satu setengah tahun.

Pria berusia 43 tahun asal Roswell, New Mexico, Amerika Serikat ini pertama kali terinfeksi Covid-19 pada September 2020 lalu.

Pria yang bekerja sebagai operator pabrik di sebuah perusahaan gas itu mengalami gejala kesulitan napas.

Melihat kondisinya itu, ia langsung dibawa ke rumah sakit di Carlsbad, New Mexico oleh pemimpin perusahaannya dan dinyatakan positif Covid-19.

Selama di rumah sakit, Donner Hunter menjalani perawatan dengan fasilitas akut jangka panjang.

Dikutip dari CNN, Jumat (11/3/2022), Donner mengatakan bahwa dirinya dirawat selama 550 hari tanpa melihat anak-anaknya.

“Saya memiliki cucu yang belum pernah saya temui dan itu adalah hal yang besar,” kata Donnell.

Kian menyedihkan, selama di rumah sakit, tagihan medisnya harus ditanggung oleh Donnell sendiri. Jumlah yang harus dibayar sebanyak 1 juta dolar AS atau sekitar Rp 14 miliar rupiah.

Punya komorbid dan tetap pakai ventilator

Dalam perawatan, Donnell sempat pulang ke rumah, tetapi 24 jam kemudian harus kembali ke rumah sakit karena napasnya terengah-engah. Donnell bahkan harus dipindahkan ke rumah sakit yang lebih besar di Alburquerque.

Sebelum terinfeksi Covid-19, Donnell memiliki masalah kesehatan pada ginjalnya. Saat usianya 15 tahun, ia mengalami gagal ginjal setelah didiagnosis dengan penyakit glomerulonephritis atau penyakit yang melukai dan membuat peradangan pada ginjal.

Akibatnya, Donnell harus melakukan cuci darah selama 15 tahun sebelum akhirnya menjalani transplantas ginjal.

Ia juga mengalami immunocompromised karena imunosupresan yang digunakannya untuk mencegah tubuhnya menolak ginjal hasil transplantasi itu.


Setelah diperbolehkan pulang, Donnell tetap menggunakan ventilator sendiri yang digunakan saat tidur. Ia juga menggunakan konsentrator oksigen saat siang hari untuk mendapatkan oksigen tambahan.

Donnell mengaku, dirinya kehilangan beberapa fungsi tubuh di tangan kanannya dan memerlukan bantuan orang lain agar bisa berjalan. Ia sadar akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk bisa kembali berjalan normal lagi.

Berita Lainnya