Renovasi Rumah, Pasangan ini Justru Temukan Harta Karun Rp 4,2 Miliar!

Kalo lo yang dapet, kira-kira mau diapain uangnya ya, Kawula Muda?

Ilustrasi koin harta karun (iSTOCK)
Tue, 06 Sep 2022


Pasangan asal Inggris ini mungkin saja tidak pernah membayangkan akan adanya harta karun koin emas Inggris dengan nilai Rp 4,2 miliar di bawah lantai mereka. 

Mengutip CNNIndonesia, koin emas tersebut terkubur di cangkir gerabah berlapis emas yang terkubur di bawah beton dan papan lantai rumah mereka. Berlokasi di Ellerby, North Yorkshire, koin tersebut diperkirakan merupakan berasal dari abad ke-18. 

Sebenarnya, penemuan koin tersebut terjadi pada Juli 2019 lalu. Saat itu, para penduduk menemukan cangkir gerabah saat merenovasi rumah pasangan tersebut. 

Cangkir yang sebenarnya berukuran kecil tersebut pun berisi lebih dari 260 koin emas. Diperkirakan, koin tersebut berasal dari tahun 1610 hingga 1727. 

Jika dipatok dengan nilai dahulu, juru lelang pun memperkirakan koin tersebut bernilai 100.000 pound sterling atau Rp 1,7 miliar. Namun, kini, koin tersebut bernilai hingga 250.000 pound sterling atau Rp 4,2 miliar loh, Kawula Muda!

Adapun nilai koin tersebut merupakan yang terbesar dari koin peninggalan sejarah yang pernah ditemukan sejauh ini. Hal tersebut pun telah dikonfirmasi oleh badan lelang Spink & Son dalam  siaran pers mereka. 

Lebih lanjut, koin tersebut juga diperkirakan kuat merupakan milik Fernley-Meisters, Joseph dan Sarah. Keluarga tersebut memang merupakan pedagang yang sangat berpengaruh di Inggris. 

Mereka menjual bijih besi, kayu, batu bara, serta mengambil posisi sebagai anggota parlemen. Namun, keluarga tersebut tidak mempercayai Bank of England. Begitu juga dengan uang kertas yang saat itu mulai digunakan. 

Karena itulah, keluarga kaya tersebut memutuskan untuk menyimpan banyak koin emas di tempat yang menurut mereka aman: lantai rumah sendiri. 

Namun, masih menjadi misteri besar mengapa harta bernilai fantastis tersebut tidak pernah ditemukan walau disimpan di tempat yang sangat mudah ditemui. 

Berita Lainnya