Resmi Ditunda, Cek Saldo dan Tarik Tunai di ATM Link Masih Gratis

Hai Kawula Muda, cek saldo dan tarik tunai di ATM Link masih gratis!

ATM pelat merah atau milik BUMN, ATM LINK. (INSTAGRAM/ATM LINK ID)
Wed, 02 Jun 2021

Setelah sebelumnya diumumkan bahwa mulai 1 Juni 2021 ATM Link tak lagi menggratiskan transaksi cek saldo dan tarik tunai untuk nasabah bank yang tegabung dalam Himpunan Bank Milik Negara (Himbara), akhirnya keputusan tersebut resmi ditunda.

Layanan gratis tersebut berlaku untuk para nasabah Himbara, yakni pemegang kartu ATM Mandiri, BNI, BRI, BTN, dan BNI yang tak lain adalah bank pelat merah alias perusahaan BUMN.

Gratisnya biaya cek saldo dan tarik tunai di ATM Link ini menyusul adanya kesepakatan antara Himbara dan PT Jalin Pembayaran Nusantara (Jalin).

Kedua pihak sepakat untuk menjadwalkan kembali implementasi penyesuaian biaya transaksi cek saldo dan tarik tunai yang dilakukan di mesin-mesin ATM Merah Putih atau ATM dengan tampilan ATM Link.

Dalam keterangan resminya pada Selasa (1/6/2021), pihak Himbara belum memastikan kapan pengenaan biaya bagi nasabah diberlakukan. Namun, pihaknya mengaku akan lebih dulu menggencarkan sosialisasi kepada nasabah.

Foto ilustrasi. (FREEPIK.COM)

 

Bentuk komitmen

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Direktur utama BNI Adi Sulisyowati juga menegaskan, meski tarif transaksi di ATM Link nantinya akan disesuaikan, para nasabah Himbara masih bisa menikmati layanan cek saldo dan tarik tunai gratis melalui ATM yang berlogo sama dengan penerbit kartu.

Ia juga memberikan contoh, misalnya pemilik kartu ATM BNI tidak dikenakan biaya transaksi tersebut jika digunakan di ATM Link BNI. Nasabah juga memiliki pilihan untuk melakukan pengecekan saldo secara gratis melalui layanan mobile banking.

Setelah perubahan tarif nanti diberlakukan, BRI, BNI, Mandiri, dan BTN yang bergabung dalam layanan ATM Link memastikan layanan transaksi di ATM Link akan lebih baik dengan jaringan yang luas sampai ke area remote dengan dukungan lebih dari 45.000 ATM.

Menurut Adi Sulisyowati, ini dilakukan sebagai perwujudan komitmen Himbara dan Jalin untuk tetap mengakselerasi inklusi dan literasi keuangan.

Selain jangkauan yang lebih luas, penyesuaian biaya transaksi ATM Link diharapkan memberikan dampak positif pada peningkatan kualitas layanan, keamanan, dan kenyamanan nasabah dalam bertransaksi.

Himbara juga mengajak nasabah untuk dapat bertransaksi secara non-tunai (cashless) dan melakukan berbagai macam transaksi perbankan secara digital.

Adapun biaya yang nantinya dibebankan kepada nasabah saat bertransaksi di ATM Link, yakni Rp 2.500 untuk cek saldo dari sebelumnya Rp 0 alias gratis.

Untuk transfer tidak mengalami perubahan, yakni tetap dikenakan sebesar Rp 4.000 seperti kebijakan sebelumnya.

Berita Lainnya