Sandiaga Uno Siapkan Rp 2 Triliun untuk Konser Musisi Internasional di Indonesia

Kira-kira lo mau konser siapa, Kawula Muda?

Ilustrasi Sandiaga Uno siapkan Rp 2 triliun untuk konser musisi internasional di Indonesia (Dok MPI)
Wed, 13 Mar 2024


Dampak konser Taylor Swift di Singapura yang begitu sensasional, rupanya sempat bikin iri negara-negara lain nih, Kawula Muda, tak terkecuali Indonesia.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno sudah menyiapkan dana sebesar Rp2 triliun untuk memfasilitasi berbagai konser dengan musisi internasional dan acara internasional di Indonesia.

Hal ini ia sampaikan melalui unggahan di Instagram resminya @sandiuno, Rabu (6/3/2024).

"Ke depannya, selain perizinan dan peningkatan SDM (sumber daya manusia), pemerintah akan memfasilitasi berbagai konser dan event internasional melalui Indonesia Tourism Fund yang tahun ini akan digelontorkan sebanyak Rp2 triliun," tulisnya.

Dalam video yang diunggahnya, ia mengatakan bahwa momen Singapura berhasil meyakinkan Taylor Swift untuk hanya menggelar konser di negara itu adalah 'koreksi bagi Indonesia'.

"Saya melihatnya ini seperti sebuah koreksi bagi kita, bagi Indonesia, mungkin kedepan kita bisa kerja sama karena kalau kita lihat kan kunjungan dari penonton dari Indonesia ini pasti besar sekali dan ini akan menambah jumlah dari emisi karbon," ujar Sandiaga.

"Bagaimana kita berbagi dan kita hitung secara keseluruhan, mungkin kalau kita lihat, kita bisa mengarahkan 4 hari di Singapura atau 2 hari di Indonesia," imbuhnya.

Sandi menegaskan, pemerintah melalui Kemenparekraf akan bergerak cepat untuk berkolaborasi dan membangun kerja sama sehingga dapat menciptakan lapangan kerja serta memberikan dampak pergerakan ekonomi untuk Indonesia.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Marves) Luhut Binsar Pandjaitan juga turut bersuara terkait konser Taylor Swift yang bikin Singapura untung nih, Kawula Muda.

Luhut bahkan mengatakan siap menggagas penyelenggaraan konser musik eksklusif untuk menandingi konser Taylor Swift di Singapura.

“Apa yang diberikan Singapura, kita berikan sama dia (artisnya). Kita harus berani bersaing, kalau Singapura bisa untung, masa kita tidak bisa?,” kata Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan pada penutupan Business Matching 2024 di Sanur, Denpasar, dikutip dari Antara, Minggu (10/3/2024).

Lebih lanjut, Luhut lantas mengakui betapa konser Taylor Swift di Singapura punya pengaruh besar, terlebih untuk ekonomi negara.

Prambors News sekarang bisa didengerin di Spotify, Kawula Muda. Lo bisa search Prambors News di Spotify buat bisa dengerin berita dengan konsep yang beda.

Berita Lainnya