Simak! Begini Cara Peretas Menguras Rekening Bank Melalui Aplikasi Tap-And-Pay Android dan IOS

Bagi kamu pengguna online banking harus selalu hati-hati ya, Kawula Muda!

Ilustrasi melakukan pembayaran online. (Unsplash/Jonas Leupe)
Thu, 03 Feb 2022

Sebuah celah keamanan besar kembali ditemukan di sistem operasi Android dan Apple. Celah itu memungkinkan hacker mencuri login perbankan online dan berpotensi menguras uang para korban hanya dengan menggunakan aplikasi Tap and Pay atau Tap and go.

Dirangkum dari berbagai sumber, pengguna Android and Apple harus tetap waspada terhadap keberadaan malware, mengingat hal itu bisa menyusup di aplikasi-aplikasi yang bahkan tersedia di Google Play Store dan App Store.

Berikut ini terdapat jenis malware yang beredar di Android dan Apple dan bisa sangat berbahaya:

1. Brata

Beberapa tahun belakangan, Brata telah berevolusi. Selain menguras rekening bank, kini dapat melakukan reset pabrik pada ponsel Android dan IOS yang terinfeksi.

2. FluBot

Malware FluBot disebutkan dapat mengambil alih perangkat dan memata-matai ponsel Android dan IOS untuk mengumpulkan data sensitif, termasuk detail perbankan online.

3. Joker

Kemampuan malware Joker bisa melakukan klik iklan daring secara otomatis, bahkan mengakses OTP dari SMS untuk menyetujui pembayaran secara diam-diam.

4. BloodyStealer

Digunakan untuk mencuri akun pemain game di berbagai platform. BloodyStealer dapat mengumpulkan cookie, kata sandi, formulir, kartu perbankan, tangkapan layar, dan memori login.

5. GriftHorse

Keberadaan GriftHorse tidak mengeksploitasi kelemahan dalam sistem operasi Android, melainkan menggunakan teknik phising untuk merekayasa target agar berlangganan layanan yang menguntungkan dengan syarat mengunduh aplikasi yang diarahkan.

Berita Lainnya