Sosok Jane Birkin yang Meninggal di Usia 76 Tahun, Inspirasi Hermes buat "Birkin Bag"

Rest in love, Jane..

Profil, karier, dan hubungan Jane Birkin dengan tas Hermes 'Birkin Bag' yang melegenda (REUTERS/ABACA PRESS)
Mon, 17 Jul 2023

Kabar duka, Jane Birkin, aktris dan penyanyi kelahiran Inggris, meninggal dunia di usia 76 tahun pada Minggu, (16/07/2023).

Wanita kelahiran Inggris pada 14 Desember 1946 ini memiliki sosok yang sangat dicintai di Prancis, bahkan menjadi sebuah ikon.

Kematian Jane Birkin juga dikonfirmasi oleh Kementerian Kebudayaan Prancis dalam sebuah Tweet yang menuliskan jika Prancis telah kehilangan seorang ikon yang tidak lekang oleh waktu.

Meski penyebab kematian Jane Birkin belum dikonfirmasi, Business of Fashion menuliskan jika pada tahun 2002 lalu Jane didiagnosis menderita leukimia.

Tidak hanya itu, seperti yang dikutip Reuters melalui media lokal, Jane ditemukan tewas di rumahnya. Sebelum meninggal, Jane sempat mengalami stroke ringan pada tahun 2021 setelah menderita gangguan jantung pada tahun-tahun sebelumnya.

Jane Birkin tidak hanya menjadi seorang aktris dan juga penyanyi yang melegenda, kehadirannya juga diketahui membuat merek fashion ternama dunia, Hermes, membuat sebuah tas bernama ‘Birkin’ yang kini menjadi salah satu tas paling bergengsi dan paling dicari di dunia mode.

Seperti apa profil, perjalanan karier, dan juga kisah Jane Birkin hingga menjadi sosok ikon Prancis yang legendaris? 

Sosok Jane Birkin

Jane Birkin meninggal dunia pada Minggu, (16/07/2023) di rumahnya yang terletak di Paris (GETTY IMAGES)

Jane Birkin yang tinggal di Prancis sejak tahun 1969 memang dapat berbicara bahasa Prancis dengan lancar, bahkan sempurna. Kepiawaiannya dalam berbahasa Prancis dituangkan dalam lagunya yang legendaris berjudul “Je t’aime moi non plus”. 

Lagu yang ia nyanyikan bersama kekasihnya saat itu, mendiang penyanyi dan penulis lagu, Serge Gainsbourg diketahui sempat dilarang diputar di Inggris.

Menariknya, Jane tidak pernah melepaskan aksen Inggrisnya yang tajam dan halus, Kawula Muda.

"Orang Inggris paling Paris telah meninggalkan kita," kata Walikota Paris Anne Hidalgo. "Kami tidak akan pernah melupakan lagu-lagunya, tawanya, dan aksennya yang tak tertandingi yang selalu menemani kami."

Tidak hanya dikenal setelah lagu tersebut menjadi nomor satu di tahun 1969, Jane juga dicintai karena sifatnya yang hangat dan kerap menyuarakan hak-hak perempuan.

Putri dari pasangan aktris Inggris Judy Campbell dan komandan Angkatan Laut Kerajaan David Birkin ini lahir dengan nama Jane Mallory Birkin di London pada Desember 1946.

Jane memiliki tiga putri, Charlotte yang berprofesi sebagai penyanyi dan aktris, Lou Doillon yang berprofesi sebagai aktris, dan juga Kate, yang meninggal dunia pada 2013.

Tidak hanya dikenal lewat lagunya, Jane juga aktif membintangi beberapa film, Kawula Muda.

Karier Jane Birkin yang Jadikan Dirinya Ikon Tak Lekang Waktu

Profil dan perjalanan karier Jane Birkin yang jadi ikon di Prancis (AFP/VALERY HACHE)

Jane Birkin pertama kali naik ke atas panggung pada usia 17 tahun dan tampil di musikal Passion Flower Hotel.

Jane juga sempat tampil di film kontroversial Blow-Up. Jane juga bertemu dengan Serge Gainsbourg di lokasi syuting Slogan

Film lain yang dibintangi oleh aktris lulusan Upper Chine School itu antara lain, The Knack… and How to Get It, Wonderwall, La Piscine, Don Juan, or If Don Juan Were a Woman, I Love You, I Don’t, Evil Under the Sun, dan masih banyak lagi.

Jane juga melanjutkan kariernya sebagai penyanyi dan merilis album Baby Alone in Babylone (1983) Amour des Feintes (1990), Arabesque (2002), merilis kumpulan rekaman live lewat Jane at the Palace (2009), Oh! Pardon tu dormais… (2020), dan masih banyak lagi.

Menginspirasi Hermes Membuat ‘Birkin Bag’

Ilustrasi tas Hermes Birkin yang legendaris (REUTERS/Roselle Chen)

Gaya Jane yang legendaris ditambah kecerdasan dan sikap khasnya menjadikan Jane Birkin seorang ikon. Kecantikan yang khas dengan giginya yang jarang tersebut menjadikan Hermes menghadirkan tas kulit berukuran besar dengan harga fantastis, “The Birkin”, untuk menghormatinya.

Kepala Eksekutif Hermes, Jean-Louis Dumas pada tahun 1981 pun tidak sengaja menjadikan Jane sebagai inspirasi tas fenomenal ini.

Saat bersiap naik pesawat dan memasukkan semua barang bawaan ke dalam kompartemen, tas jerami Jane tidak bisa menampung semua barang bawaan dengan benar dan jatuh menimpa kepalanya.

Jane Birkin dan Tas Hermes Birkin (INSTAGRAM/luxecollective_)

Jane yang kesal pun mengoceh tentang tas yang seharusnya diciptakan lebih bagus agar bisa membawa banyak barang.

Dumas yang melihatnya kemudian terinspirasi untuk membuat Birkin Bag yang modis, unik, tapi juga praktis.

Dari sinilah Tas Hermes Birkin tercipta. Dengan desain kokoh persegi panjang. Ukuran tas ini rata-rata 25 cm, bahkan ada yang sampai 50 cm dan gaya selempang bahu. Membuat tas ini jadi sangat serbaguna.

Gayanya yang bohemian sekaligus elegan menjadikan tas tangan mewah tersebut sangat populer hingga saat ini. Saat ini, harga tas Hermes Birkin bisa menjadi 11 ribu Dolar AS atau sekitar Rp 165 juta, bahkan pernah dilelang mencapai Rp 2 miliar, Kawula Muda!

Selamat jalan, Jane Birkin sang wanita ikonis...

Berita Lainnya