Sudah Divaksin Covid-19 tapi Belum Dapat Sertifikat? Ini Solusinya!

Kawula Muda, jangan sampe enggak ikutan vaksin ya!

Kartu Vaksinasi Covid-19 (infopublik.id)
Fri, 13 Aug 2021

Sertifikat vaksinasi Covid-19 akan diterbitkan secara otomatis melalui sistem setelah petugas fasilitas kesehatan selesai melakukan input informasi pelaksanaan vaksin di sistem PeduliLindungi.id.

Sayangnya, banyak masyarakat yang tidak mendapatkan SMS link sertifikat vaksin dosis pertama dan dua setelah melakukan vaksin. Bahkan tidak sedikit pula masyarakat yang belum teredukasi tentang cara mengunduh sertifikat melalui situs serta aplikasi PeduliLindungi.

Terkait hal tersebut, Juru Bicara Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Dedy Permadi menjelaskan tidak munculnya SMS link sertifikat bisa disebabkan adanya jeda penerbitan sertifikat karena pengiriman input pada sistem satu data. Ada juga kemungkinan data nomor HP masyarakat yang tidak terinput serta nomor yang diberikan tidak sesuai. 

“Data Nomor HP kosong atau tidak sesuai dengan yang digunakan saat mendaftar di PeduliLindungi.id,” kata Dedy. 

Ada dua cara cek dan mengunduh sertifikat vaksin Covid-19 ke-1 dan 2 secara daring yaitu melalui situs dan aplikasi PeduliLindungi serta tautan yang dikirim lewat SMS dari 1199. 

Selain itu, Kementerian Kesehatan telah menyampaikan bahwa masyarakat juga bisa melaporkan kendala sertifikat vaksin melalui email sertifikat@pedulilindungi.id.


Berikut cara mengunduh sertifikat vaksin melalui situs Peduli Lindungi (https://pedulilindungi.id/)

1. Klik Login/Register. Jika belum pernah membuat akun, pilih buat akun PeduliLindungi.

2. Masukkan nama lengkap dan nomor handphone yang didaftarkan untuk vaksinasi.

3. Klik profil yang tertera di sudut kanan atas.

4. Pilih sertifikat vaksin.

5. Pastikan seluruh data pada profil sudah benar sebelum meng-klik “Unduh Sertifikat”. File tersebut juga bisa dikirim via email sehingga bisa dicetak. 

Berikut cara download sertifikat vaksin melalui aplikasi Peduli Lindungi: 

1. Download aplikasi PeduliLindung di iOS dan Android.

2. Login dengan nomor telepon yang didaftarkan saat vaksinasi.

3. Masuk ke akun PeduliLindungi dengan memasukkan kode OTP SMS yang dikirimkan ke nomor tersebut.

4. Klik profil di pojok kanan atas, kemudian pilih Sertifikat Vaksin untuk melihat sertifikat vaksin. Secara otomatis, sertifikat akan muncul sesuai dosis yang sudah diterima.

5. Klik “Unduh Sertifikat” untuk mendownload dan menyimpan sertifikat vaksin. Sertifikat bisa dikirim melalui email sehingga bisa dicetak. 

  • EDITORIAL TEAM:

Berita Lainnya