Unik! Ada Fashion Show Domba dan Kambing Digelar di Sragen

It's fashion sheep, Kawula Muda!

Beberapa kambing terlihat menggunakan kostum dan pernak-pernik ramaikan fashion show kambing tingkat nasional di Sragen (INSTAGRAM/ndayuparkofficial)
Wed, 01 Feb 2023


Bupati Sragen diketahui mengadakan kontes fashion show domba dan kambing tingkat nasional pada Minggu (29/1/2023). Gelaran yang bertajuk “Bupati Sragen Cup” ini turut mengikutsertakan ratusan kambing dan domba yang datang dari berbagai daerah untuk memperebutkan Piala Bupati Sragen Cup di Ndayu Park Sragen.

Domba dan kambing tersebut diketahui mengikuti sejumlah kategori lomba, seperti kelas ekstrem domba, kelas ekstrem kambing, kelas kambing perah, dan yang paling menarik, fashion show kambing.

Seorang peternak terlihat mengantarkan kambingnya untuk mengikuti fashion show (TRIBUN)

Terlihat beberapa kambing menggunakan kostum, bahkan pernak-pernik untuk mempercantik diri mereka mengikuti fashion show untuk kambing. Lucunya, terlihat salah satu kambing menggunakan atribut jeans yang juga digunakan oleh sang pemilik. Seolah menggunakan nuansa yang sama, peternak yang mengantarkan kambing berwarna putih tersebut seolah-olah menggunakan baju yang kembar dengan kambingnya.

Tujuan diadakannya kontes ini ialah untuk menjadi ajang silaturahmi antar peternak agar dapat bertukar pengalaman hingga memberi semangat, motivasi bagi para peternak kambing, Kawula Muda.

Pasalnya, mempunyai peternakan kambing dan domba dinilai sangat menguntungkan, loh. Keuntungannya sendiri bisa mencapai 20 hingga 30 persen.

Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati mengatakan kontes ini memang kali pertama dilakukan, Kawula Muda. Sebelumnya, piala Bupati Cup sendiri ditujukan untuk burung.

Dalam kontes tersebut, seorang peternak asal Yogyakarta, Arief Ayodya Farm sukses mencuri perhatian. Pasalnya, domba jantan jenis Dorper Australia miliknya dibanderol dengan harga Rp 300 juta per ekor, Kawula Muda!

Domba tersebut rupanya sengaja dibawa ke Kontes Domba dan Kambing Nasional sebagai peserta dan oleh pemiliknya tidak dijual.

Ia bahkan menjelaskan bahwa jenggot domba miliknya disisir dengan rapi, bulunya dibersihkan, sehingga terlihat gagah. Arief datang membawa empat ekor kambing, yang terdiri dari dua jantan, satu betina, dan satu peranakan F1 Dorper.

Dia menjelaskan, domba-domba Dorper jumbo itu dulu dibelinya di atas Rp 100 juta. Arif mulai tertarik dengan Dorper Australia sejak domba tersebut viral beberapa waktu lalu.

Berita Lainnya