Tiket Kereta Cepat Jakarta-Bandung Gratis, Gimana Caranya?

seru banget, Kawula Muda.

Kereta Cepat Indonesia China (TWITTER/keretacepatid)
Fri, 23 Jun 2023


Rencana Pemerintah dalam menggratiskan tiket Kereta Cepat Jakarta-Bandung, yang akan beroperasi pada 18 Agustus 2023 mendatang. Namun, tiket yang akan di gratiskan ini, hanya akan berlaku dalam periode tertentu.

Budi Karya Sumadi selaku Menteri Perhubungan mengungkapkan, PT. Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) akan membuat program dengan memberikan kesempatan secara cuma-cuma atau gratis untuk seluruh masyarakat, terkhususnya warga DKI Jakarta dan Bandung yang akan bisa dinikmati setelah peluncurannya pada 18 Agustus mendatang.

Budi Karya mengungkapkan, “18 Agustus soft launch. Setelah itu penumpang gratis sampai Oktober. Penumpang akan dipilih,” (23/06/2023).

Dilansir dari CNBC Indonesia, Tarif normal untuk Kereta Cepat ini akan dikenakan sekitar Rp 250 ribu hingga Rp 350 ribu untuk satu penumpang tanpa subsidi.

Luhut Binsar Pandjaitan selaku Menko bidang Kemaritiman dan Investasi sudah mencoba menaiki Kereta Cepat Jakarta-Bandung tersebut memastikan jika Kereta Cepat ini sudah aman digunakan hingga bisa dioperasikan penuh di bulan Agustus mendatang.

Luhut juga mengatakan, program tiket gratis ini perintah langsung dari Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo atau Jokowi.

“Presiden kemarin sudah kasih instruksi bahwa kita berikan rakyat sepanjang rel kereta api ini untuk mencoba secara gratis kereta api ini. Itu kita harapkan bulan Juli sudah kita bisa lakukan," ucap Luhut.

Kereta Cepat Indonesia China (TWITTER/keretacepatid)

 

Sementara itu Ridwan Kamil selaku Gubernur Jawa Barat memberikan kesempatan dengan hal yang berbeda, warga bisa menaiki Kereta Cepat secara gratis namun, dibatasi, dan pendaftaran dilakukan secara online.

Ridwan Kamil mengungkapkan, “Dari 18 Agustus selama 90 hari, kereta api cepat akan digratiskan kepada warga, silakan daftar nanti ada pembukaan online karena kapasitas kereta sekitar 600 penumpang.”

“Siapa yang ingin tidak bayar, semua asal bisa ticket war ya istilahnya, untuk mencoba kereta api cepat tanpa bayar selama 90 hari atas arahan Bapak Presiden, sehingga semua bisa merasakan manfaat."

Kawula Muda, lo tertarik untuk mencoba Kereta Cepat? Harus siap-siap war ticket nih!

Berita Lainnya