Viral! Akun Instagram Giring Ganesha Hilang, PSI Buka Suara

Belum diketahui nih Kawula Muda, penyebab asli hilangnya akun Instagram Giring.

Akun Instagram Giring Ganesha hilang. (radarbogor)
Tue, 25 Jan 2022

Akun Instagram milik Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Giring Ganesha dengan nama akun @giring, mendadak hilang. Menurut Ariyo Bimo sebagai Juru Bicara PSI, akun Giring hilang karena pelaporan massal warganet.

Dilansir dari CNNIndonesia, Ariyo mengatakan bahwa kejadian tersebut cukup mengagetkan karena belum pernah terjadi akun Ketum PSI hilang ataupun di-take down.

Padahal pada Sabtu (22/1/2022), Giring masih sempat mengunggah foto dan video bersama warga sekitar yang berada di proyek Jakarta International Stadium (JIS).

Hilangnya akun Instagram Giring disebut terjadi karena adanya unggahan yang mengkritik proyek JIS dan tidak menutup kemungkinan ada pihak yang khawatir terhadap gerakan PSI.

Banyak yang mempertanyakan apa salah dari status yang diunggah oleh Giring sampai harus dilaporkan. Ariyo menyatakan DPP PSI sedang berkomunikasi dengan pihak Instagram terkait hilangnya akun Giring. Mereka juga berharap untuk dapat memulihkan akun milik Giring.

"Bila benar ada operasi siber di balik kritik yang sehat, hal tersebut sangat tidak kondusif untuk iklim demokrasi," tutur Aryo.

Jika benar ada operasi siber karena Giring mengkritik Gubernur Anies Baswedan, Ariyo percaya hal tersebut dapat merusak demokrasi di Indonesia. Ariyo sangat menyayangkan hilangnya akun Instagram Giring, terutama karena akun tersebut dikelola instansi dan selalu berusaha untuk dijadikan platform yang menyebarkan hal-hal patut dan wajar.

"Kami sedang coba komunikasi dengan pihak Instagram. Media sosial ini dijalankan oleh perusahaan yang tentunya ada kebijakan dan mekanisme sendiri, yang harus kita ketahui lebih lanjut," ujar Ariyo dalam usahanya memulihkan akun Instagram Giring.

Berita Lainnya